Sakit gigi tidak kunjung hilang walau sudah perawatan, karena apa ?

NR Info Penanya: NR
Halo dok. Saya mau tanya. Gigi saya sudah ditambal 2 kali ditempat yang sama, dan baru 3 bulan untuk penambalan yang ke 2 dan sebelum ditambal kemaren sudah ada 4 kali perawatan digigi tersebut karna katanya infeksi jadi sebelum ditambal harus perawatan dulu. Nah sekarang baru 3 bulan kenapa masih sakit ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NR.

Sakit gigi adalah sensasi nyeri yang dapat dirasakan di bagian dalam maupun di sekitar gigi. Rasa nyeri juga dapat timbul pada area gusi dan rongga mulut. Umumnya sakit gigi terjadi saat adanya permasalahan pada saraf di bagian akar gigi atau terdapat iritasi di sekitar gigi. 

Adapun beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya sakit gigi, antara lainnya ialah :

Mengenai keluhan sakit gigi Anda yang tidak kunjung hilang kendati sudah dilakukan perawatan dan penambalahan tahap pertama, mungkin terjadi karena infeksi dan peradangan yang belum sepenuhnya tertangani dan masih membutuhkan pengobatan. Pada dasarnya sensasi nyeri gigi sendiri terjadi ketika adanya peradangan pada bagian tengah gigi atau yang dikenal dengan istilah medis pulpa, dimana bagian tersebut berisi ujung saraf yang begitu sensitif pada rasa sakit. Oleh karena itu, jika terdapat gangguan pada bagian tersebut, umumnya nyeri dapat menetap lebih lama.

Untuk semantara Anda dapat menggunakan kompres es dan minyak cengkeh untuk membantu mengatasi nyeri yang dirasakan. Sedangkan penangan lebih lanjutnya, akan didapatkan melalui prosedur perawatan lanjutan oleh dokter Gigi Anda. Anda perlu untuk kembali melanjutkan perawatan hingga permasalahan gigi Anda dapat tertangani seluruhnya, karena apabila tidak tuntas, nyeri nya dapat menetap atau menjadi hilang timbul.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pipi bengkak dapat disebabkan banyak hal, salah satunya abses gigi.

Pipi Bengkak Bisa Disebabkan 11 Hal Ini, Haruskah Dikhawatirkan?

Pipi bengkak bisa membuat wajah terlihat lebih bulat. Chubby bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkan kondisi pipi bengkak, sebab ada 11 kondisi medis serius yang menyebabkannya.