18 Jun 2020, 18:20Gigi & Mulut

Perawatan saluran akar gigi tanpa lekas melakukan crown gigi, apa berdampak serius ?

K
Info Penanya: K, Wanita, 19 Tahun
Selamat malam dok, gigi geraham saya sudah berlubang besar dan susah dilakukan penambalan. Kemudian saya memilih melakukan perawatan saluran akar gigi, apabila setelah melakukan perawatan akar gigi saya tidak lekas melakukan crown gigi apa akan ada dampak serius?
14298 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, K.
Gigi berlubang merupakan kondisi kerusakan gigi yang terjadi karena adanya pembusukan sisa-sisa makanan yang kemudian membentuk plak dan sedikit demi-sedikit merusak lapisan gigi. Secara singkat, penyebab dari gigi yang berlubang adalah kombinasi dari sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan baik sehingga menumpuk, dengan bakteri, air lur dan zat asam di dalam mulut.
 
Mengenai kondisi Anda, sesuai dengan keterangan dari dokter Gigi, gigi yang telah berlubang besar, biasanya akan menjadi rapuh sehingga bahan tambal tidak akan cukup kuat untuk menahan beban kunyah. Tujuan pemasangan crown gigi setelah perawatan saluran akar adalah sebagai solusi kerapuhan tersebut. Karena gigi sudah rapuh dan tidak bisa ditambal, maka dokter akan memasang crown gigi untuk melindungi gigi yang sudah dirawat tersebut. Sehingga, Anda bisa menggunakannya seperti biasa lagi.
 
Jika gigi berlubang besar dan tidak dilanjutkan dengan pemasangan crown gigi, maka nantinya saat mengunyah, gigi rentan patah. Bakteri juga akan semakin mudah masuk ke gigi tersebut, membuat perawatan saluran akar yang sudah dijalani bisa tidak awet. Untuk itu, ada baiknya pemasangan crown gigi dilakukan sesuai dengan anjuran dari dokter Gigi Anda yang umumnya akan disarankan dilakukan segera setelah perawatan saluran akar.
 
Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter Gigi Anda.
 
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil