Sakit gigi karena gigi berlubang

P Info Penanya: P
Siang dok,, maaf mau tanya,, gigi sy berlubang,, gigi geraham bawah,, jarang sakit,, tapi bila sakit datang gusi langsung bengkak,, pernah mau sy cabut ke puskes, tapi kata perawat nya ga bisa d cabut langsung, karena giginya sudah mulai terkikis bagian pinggirnya,, bagaimana dok yg harus sy lakukan,, sangat menggangu apalagi ketika sakitnya datang dan berbau juga dok.. terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi P,

Sakit gigi adalah keluhan yang bisa sangat mengganggu, dimana penyebabnya bisa beragam mulai dari gigi berlubang, karang gigi, peradangan gusi, pertumbuhan gigi yang tidak baik dan masalah gigi lainnya.

Apabila ada gigi berlubang dan gusi membengkak maka perlu dilakukan penanganan terhadap peradangan gusinya ataupun apabila ada infeksinya terlebih dahulu.

Setelah nantinya peradangan dan infeksi sudah diatasi maka bisa dilakukan tindakan pada gigi berlubang. Beberapa tindakan yang bisa dilakukan seperti:

  • Pembersihan karang gigi
  • Penambalan gigi
  • Pencabutan gigi jika gigi berlubang tidak lagi bisa ditambal

Apabila ternyata bisa ditambal tapi lubang sudah cukup dalam dan ada masalah di saluran akar gigi maka bisa dilakukan perawatan saluran akar gigi terlebih dahulu. Untuk itu bisa periksakan gigi pada dokter gigi dan jika masih belum bisa dicabut bisa meminta penanganan awal dan kapan bisa kembali untuk kontrol selanjutnya.

Bisa redakan sakit gigi sementara dengan menghindari makanan yang dan minuman yang manis, membersihkan gigi dengan rutin, berkumur dengan obat kumur atau bisa dengan air garam, kompres bagian pipi yang nyeri, gunakan minyak cengkeh pada gigi yang sakit dan bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Radang gusi dan gusi berdarah termasuk penyakit gusi yang paling umum

Kenali 3 Penyakit Gusi yang Sering Terjadi

Radang gusi, gusi berdarah, hingga canker sore adalah penyakit gusi yang paling umum. Untuk mencegah penyakit gusi, Anda dapat melakukan flossing sekali sehari dan menggunakan obat kumur usai sikat gigi.