Apa penyebab sakit dan ngilu di gigi?

NB Info Penanya: NB, Wanita, 23 Tahun
Malam dok..Saya mau bertanya, sudah 3 malam saya sakit gigi dan ngilunya ini berlebihan. Apa yg harus saya lakukan, karena sakitnya itu datang ketika mal hari. Kira2 itu kenapa yah dok? Apa obatnya dan saya harus ngapain? Ini sangat menyiksa saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus, bisa juga hilang-timbul.

Gigi ngilu bisa menjadi salah satu tanda gigi Anda mengalami gigi sensitif. Gigi terasa ngilu atau gigi sensitif umumnya disebabkan karena terkikisnya lapisan pelindung gigi yang disebut email, sehingga dentin, lapisan di bawahnya, terpapar berbagai rangsangan.

Beberapa penyebab timbulnya sakit gigi dan ngilu pada gigi adalah :

  • Gigi berlubang atau tambalan gigi yang rusak
  • Peradangan atau infeksi pada gigi atau gusi
  • Konsumsi makanan dan minuman yang terlalu asam
  • Gusi bengkak dan pertumbuhan gigi bungsu yang tidak normal

Untuk mengatasi sakit gigi dan gigi ngilu pada gigi Anda, Anda dapat rutin memeriksakan diri ke dokter gigi, menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, dan selalu menjaga kebersihan gigi. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa berkonsultasi ke dokter gigi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh NB
29 Mar 2020, 13:24
Dok...sakitnya ini ngilu dari 4 gigi depan sebelah bawah. Padahal gigi yg sebelah dalam lubangnya masih kecil..ngilunya yg mancing gigi yg berlubang juga sakit.. dan juga kepala dan dada saya rasanya sakit sekali, dada saya rasa tertusuk karena sakit giginya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
30 Mar 2020, 07:22
Bisa dicoba berkumur dengan air garam ya, NB. Kemudian meminum paracetamol 3x500mg juga bisa membantu mengurangi nyeri. Jika sudah tidak nyeri, segera diperiksakan ke dokter gigi untuk ditindaklanjuti ya :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa cara merapikan gigi tanpa behel, salah satunya menggunakan aligner

Ingin Merapikan Gigi Tanpa Behel? Ini Cara yang Bisa Anda Pilih

Banyak cara merapikan gigi tanpa behel yang bisa Anda coba. Beberapa cara tersebut, yakni aligner atau retainer yang tengah digandrungi di masyarakat. Pastikan Anda melakukan prosedur ini hanya di dokter dan klinik gigi yang kompeten.