Sakit pada gigi apakah harus dicabut?

PN Info Penanya: PN, Wanita
Halo dok, saya mau bertanya. Gigi geraham saya sering kambuh sakitnya, sepertinya ada lobang. Kira2 apakah harus dicabut ya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Gigi geraham yang sering terasa sakit merupakan suatu kondisi yang bisa disebabkan akibat gigi berlubang, masalah pada saraf gigi, dan kondisi iritasi di sekitaran gigi. Gigi berlubang terjadi akibat sisa makanan yang masih menempel di gigi dan membuat gigi menjadi busuk dan menjadi tempat bersarangnya bakteri. Sehingga menimbulkan kondisi gigi yang berlubang. Gejala dari gigi berlubang itu sendiri yaitu sakit gigi, gigi sensitif, bau mulut, rasa tidak enak pada mulut, bintik-bintik kecoklatan atau kehitaman pada gigi. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah plak. 

Untuk mengatasinya, harus dilihat terlebih dahulu seberapa parah tingkat kerusakan gigi gerahamnya:

  • Jika keruskan gigi masih pada tahap awal, maka dokter gigi akan memberikan fluoride atau varnish ke daerah gigi.
  • Jika gigi berlubang hingga ke lapisan enamel, maka perlu dilakukan penambalan.
  • Jika sudah menyebar hingga ke pulpa, maka dokter akan melakukan perawatan akar gigi.
  • Jika kerusakan gigi sudah parah dan gigi tidak dapat dipertahankan, maka gigi akan dicabut dan diganti dengan implan gigi.

Untuk itu, saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung sehingga dapat dilihat perawatan gigi apakah yang cocok untuk kondisi gigi geraham Anda ini. Sementara ini, jauhi makanan yang manis, rajin sikat gigi, hindari merokok dan minum alkohol. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Agar gigi putih, pakailah pasta gigi dengan pemutih yang mengandung carbamide peroxide dua kali seminggu

Yang Harus Dilakukan agar Warna Gigi Putih

Gigi kuning atau menggelap adalah gangguan yang dialami semua orang seiring pertambahan usia. Salah satu cara umum untuk mendapatkan gigi putih adalah dengan menjalani perawatan whitening oleh dokter gigi.