Sakit gigi pada Ibu hamil, apakah obat yang aman?

PD Info Penanya: PD, Wanita
Apakah obat sakit gigi yg aman untuk ibu hamil 5 sd 7 bulan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi PD.

Terimakasih atas pertanyaannya di SehatQ.

Sakit gigi dapat dialami oleh semua orang, termasuk wanita hamil. Pada saat kehamilan, terjadi perubahan hormonal yang dapat memicu penurunan sistem kekebalan tubuh, sehingga wanita hamil rentan mengalami penyakit gigi dan gusi. Mual dan muntah berulang yang kerap dirasakan ibu hamil  trisemester pertama, juga dapat merusak enamel gigi sehingga meningkatkan risiko gigi berlubang. Ibu hamil juga kerap mengalami kekurangan kalsium yang dapay mempengaruhi kekuatan dan kesehatan gigi.

Untuk mengurangi sakit gigi yang timbul penggunaan obat pereda nyeri seperti paracetamol aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu dapat dilakukan kompres es yang dibalut handuk pada pipi di area gigi yang sakit juga dapat membantu mengurangi nyeri. Kumur kumur air garam juga dapat memiliki efek antiseptik yang dapat meringankan gejala nyeri.

Apabila keluhan yang dialami tidak kunjung membaik Saya sarankan Anda menemui dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mencari tahu sumber penyebab sakit gigi anda, serta menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya. Prosedur perawatan gigi yang dilakukan kehamilan perlu dilakukan secara berhati-hati. Dokter akan mempertimbangkan manfaat dan risiko dari setiap tindakan penanganan yang dilakukan guna mengatasi masalah yang Anda alami.

Untuk mencegah masalah gigi dan gusi lebih lanjut dianjurkan agar Anda:

  • Menyikat gigi secara teratur terutama setelah makan dan sebelum tidur
  • Gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi
  • Berkumur dengan obat kumur antiseptik
  • Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi

Semoga bermanfaat.

salam Sehat.

dr. Sandy

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rasa sakit yang muncul ketika gigi bungsu tumbuh biasanya disebabkan karena impaksi gigi bungsu

Diagnosis dan Cara Mengatasi Impaksi Gigi Bungsu

Impaksi gigi bungsu umumnya bisa diketahui melalui rontgen gigi. Cara mengatasinya tidak bisa dilakukan di rumah, tetapi terdapat beberapa alternatif alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rasa sakit akibat impaksi gigi bungsu.