15 Jun 2020, 19:24Gigi & Mulut

Mengapa sehabis tambal gigi jadi ngilu lagi?

GA
Info Penanya: GA0
Dok jadi gigi saya beberapa bulan lalu sempat patah sebagian lalu ditambal, dan akhir-akhir ini sering sakit rasanya ngilu, nyeri malah terkadang ada rasa nyut" gitu, sudah saya oleskan obat salep dari dokter waktu saya tambal tapi tetap sakit, kalau boleh tau itu kenapa ya dok? Dan bagaimana solusinya? Terimakasih dok
19622 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sri Wulantini
(0)
Selamat siang, GA. Penambalan gigi merupakan prosedur medis yang dilakukan oleh dokter gigi, umumnya untuk mengatasi gigi berlubang. Dalam setiap tindakan medis tentunya akan memiliki risiko atau komplikasi. 

Kemungkinan nyeri pada gigi yang sudah ditambal dapat disebabkan oleh:

  • Tambalan pada gigi lepas sebagian.
  • Terjadi infeksi.
  • Gigi terlalu sensitif terhadap makanan manis, dingin atau panas.
  • Peradangan pada pulpa gigi sehingga membuat gusi kemerahan dan bengkak.
Untuk memastikan penyebab dari keluhan nyeri gigi Anda tersebut sebaiknya Anda konsultasikan kembali kepada dokter gigi Anda ya.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Rajin sikat gigi setiap habis makan.
  • Bila gigi sensitif hindari makanan terlalu manis.
  • Kompres dengan batu es untuk mengurangi rasa nyeri.
  • Minum obat antinyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.
  • Kumur dengan air yang diberikan sedikit garam.
  • Kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.
 Semoga bermanfaat.Salam sehat,  dr.Sri Wulantini
kesehatan gigisakit gigigigi berlubang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil