gigi berlubang dan sakit di gigi geraham

NJ Info Penanya: NJ, Wanita, 50 Tahun
Dok,saya mau tanya gigi saya kan berlubang trus tiba2 goyang boleh kah dicabut?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NJ,

Gigi berlubang adalah salah satu masalah gigi yang banyak terjadi. Gigi berlubang bisa timbul disemua gigi dimana yang tersering adalah pada gigi geraham. Gigi berlubang sendiri perlu segera ditangani agar tidak semakin besar lubangnya dan menimbulkan masalah seperti rasa sakit, infeksi gigi, infeksi gusi ataupun masalah gigi lainnya.

Gigi yang goyang sendiri bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Adanya benturan atau cedera gigi
  • Kebiasaan menggertakan gigi saat tidur atau disebut bruxism
  • Adanya gangguan pada tulang atau penyakit lain seperti diabetes
  • Sedang hamil
  • Adanya infeksi gigi dan gusi

Penanganan yang bisa dilakukan pada gigi berlubang dan gigi yang goyang sendiri yaitu bisa dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi, dilakukan tindakan pembersihan karang gigi, perawatan gigi, penambalan gigi berlubang, pencabutan gigi ataupun perawatan lainnya.

Untuk itu segera periksakan diri pada dokter gigi terdekat untuk memastikan kondisinya dan diberikan penanganan yang sesuai. Jika terdapat rasa nyeri, bisa bersihkan gigi dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, berkumur dengan menggunakan obat kumur, dan bisa minum obat nyeri seperti parasetamol. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang rahang atas adalah sebagai tempat melekatnya gigi bagian atas

Tak Kalah dari Rahang Bawah, Ini Fungsi Tulang Rahang Atas

Seringkali Anda mungkin melupakan keberadaan tulang rahang atas yang tidak bisa bergerak. Meskipun demikian, fungsi tulang rahang atas tidak kalah penting dengan tulang rahang bawah. Salah satu kegunaannya adalah membantu gerakan di wajah dan mulut Anda.