21 Mar 2020, 12:19Gigi & Mulut

Sakit gigi belum reda dengan obat, harus bagaimana?

AS
Info Penanya: AS, Pria, 23 Tahun
Siang dok, saya mau bertanya, jd saya sakit gigi udah 2 hari, nah karena g ilang2 saya minum obat mefinal 500, tiba2 kok saya kayak langsung kayak orang demam pas tidur, tp kalau udah bangun normal2 aja, dan sakit giginya belum ilang cmn reda aja, terima kasih
32355 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, AS.Sakit gigi adalah sensasi nyeri yang tidak nyaman, yang dirasakan pada satu atau lebih gigi. Baik gigi seri, taring, ataupun geraham dapat merasakan sensasi ini. Penyebabnya bervariasi, mulai dari gigi berlubang, abses, gigi yang patah, ataupun infeksi dari gusi.Terkait merek obat yang Anda sebutkan, merek tersebut mengandung asam mefenamat, yang berfungsi untuk meredakan nyeri ringan sampai sedang. Asam mefenamat memang memiliki efek samping setelah dikonsumsi, seperti mengantuk (yang Anda alami), diare, nyeri kepala, ataupun mual dan muntah. Asam mefenamat memang bisa mengurangi sakit gigi. Namun, untuk menghilangkan sakit gigi secara total, dan tidak kambuh lagi, Anda harus mengobati penyebab nyeri tersebut. Sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi untuk mengetahui tindakan yang tepat untuk penyebab sakit gigi Anda.

Untuk sementara, selain mengonsumsi obat-obatan, Anda dapat mencoba melakukan hal ini di rumah untuk mengurangi sakit gigi yang dialami:

  • Berkumur dengan air garam
  • Mengompres pipi dengan handuk dingin
  • Memijat area yang nyeri dengan minyak cengkeh
  • Mengonsumsi obat alami, seperti teh peppermint, daun jambu, atau ekstrak vanilla
Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kesehatan gigisakit gigipereda nyeri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil