28 Dec 2019, 11:56Kulit & Kelamin

Apa pengobatan eksim bila disertai bengkak?

RA
Info Penanya: RA, Wanita, 28 Tahun
Suami saya sakit eksim hampir 2 tahun dok,,tp tidak sembuh2,sdh dkasih obat minum dan salep oleh dokter,,sekarang malah bagian yg terkena eksim(pergelangan kaki dua duanya)bengkak dan terasa nyeri Bagaimana dan obat apa yg bisa menyembuhkan secara total dok?
30772 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RA,Eksim adalah salah satu penyakit kulit yang sering diderita oleh seseorang dan berhubungan dengan faktor genetik, daya tahan tubuh serta lingkungan sekitar.Eksim ini akan menimbulkan keluhan gatal, bercak kemerahan hingga kulit bersisik karena kulit mengelupas dan sering semakin gatal bila seseorang stres, atau kondisi badannya sedang tidak baik, misal sakit atau kelelahan.Karena eksim ini penyakit akibat faktor genetik, maka tidak bisa disembuhkan atau dihilangkan secara total, yang dapat dilakukan hanya mengurangi kemungkinan kambuh atau agar reaksi kulit tidak berlebihan.

Sementara yang dapat suami Anda lakukan untuk mengatasi eksim adalah :

  • Jaga kebersihan tubuh dengan rutin mandi.
  • Segera gunakan pelembab ketika selesai mandi, karena pelembab akan lebih efektif bila dipakai dalam kondisi kulit yang lembab atau basah seperti setelah selesai mandi.
  • Minum obat golongan antihistamin untuk mengurangi rasa gatal. Karena bila terlalu sering digaruk dan timbul luka, maka bisa saja terinfeksi dan mengalami peradangan berupa bengkak, kemerahan, hingga muncul nanah.
  • Oleskan salep kortikosteroid secara teratur.
  • Rendam kaki menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam, dan bersihkan kulit-kulit yang kering secara perlahan. Hindari mengelupas kulit secara berlebihan.
  • Kurangi stres dan jaga daya tahan tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter per hari, perbanyak sayur dan buah serta tidur secara teratur dan tidak begadang.
Bila sudah muncul pembengkakan, ada baiknya segera periksa ke dokter kulit agar bisa ditangani dengan tepat.Salam sehat,dr. Vina
gatalpsoriasiseksim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil