Sakit ditulang ekor?

AD Info Penanya: AD, Pria
sakit/nyeri di daerah tulang ekor obatnya apa dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Berdasarkan keluhan yang Anda alami. Untuk sakit ditulang ekor apa bisa dideskripsikan sejak kapan dan apa ada riwayat trauma sebelumnya? Seperti jatuh dalam posisi terduduk?

Kondisi sakit di tulang ekor biasa disebut coccdynia. Banyak faktor penyebab sakit di tulang ekor antara lain trauma sehingga cedera, duduk terlalu lama, tekanan pada tulang tersebut, kelainan pada tulang belakang, infeksi, tumor atau kegemukan.

Untuk menghilangkan sakit pada tulang tersebut disarankan untuk mengkonsumsi pereda nyeri seperti ibuprofen, aspirin atau acetaminophen. Obat-obat tersebut dijual bebas diapotek tanpa resep dokter. 

Pencegahan untuk sakit pada tulang ekor, disarankan untuk mengatur pola duduk. Jika duduk terlalu lama selingi dengan berjalan beberapa menit. Peregangan pada otot juga dapat membantu untuk menghilangkan nyeri. 

Jika ingin membaca lebih lengkap disarankan untuk mengakses artikel kami dengan mengklik huruf berwarna biru Penyebab tulang ekor sakit

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AD
03 Oct 2019, 12:58
saya tidak pernah jatuh dalam posisi duduk ,tiba2 saja terasa sakit dan tambah parah saat selesai mengangkat beban berat, saya akan coba saran obat yg di atas terima kasih sarannya dokter sylvi

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi vitamin tulang dapat mencegah terjadinya rakitis pada bayi dan anak

Vitamin Tulang untuk Anak Dapat Mencegah Rakitis

Rakitis adalah kondisi yang menyebabkan gangguan perkembangan tulang pada anak berusia enam bulan hingga tiga tahun. Pemenuhan vitamin D pada bayi dan anak dapat dilakukan untuk mencegah rakitis. Ada beberapa cara untuk memenuhi vitamin D misalnya berjemur di pagi hari, mengonsumsi makanan kaya vitamin D, dan suplemen vitamin tulang.