Sakit telinga kiri, apa penyebabnya?

R Info Penanya: R, Pria, 28 Tahun
Halo Dok. Tolong bantu Saya Dok. Telinga saya sakit Dok. Rasanya kaya padat didalam Telinga, terus klo pegang daun Telinga tersa sakit Dok. Begitu juga dibelakang Telinga Rasa sakit Dok. Klo pas dipegang.... Tolong Saya Dok....
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang R,

Sakit telinga atau otalgia adalah gejala yang bisa timbul ketika ada gangguan pada telinga seperti misalnya infeksi telinga. Infeksi telinga sendiri bisa timbul di luar telinga seperti pada daun telinga yang disebut otitis eksterna ataupun di dalam saluran telinga atau disebut otitis media.

Jika ada rasa nyeri pada telinga, perlu diperhatikan. Jika ada batuk pilek sebelumnya juga bisa memicu timbulnya gejala ataupun jika masalah infeksi kulit.

Untuk meredakan gejala sementara bisa dilakukan:

  • Hindari terlalu sering menyentuh telinga
  • Kompres telinga yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat
  • Konsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri
  • Hindari mengorek telinga
  • Hindari menggaruk atau menggunakan salep pada telinga tanpa pemeriskaan dokter dulu

Nantinya jika ada infeksi akan diberikan penanganan baik obat minum ataupun obat oles. Jika timbul nyeri hebat, ada benjolan, ada keluar cairan maka sebaiknya bisa segera diperiksakan pada dokter spesialis THT. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengeluarkan air dari telinga dapat dilakukan dengan menggoyangkan kepala

Bagaimana Cara Mengeluarkan Air dari Telinga?

Air bisa saja masuk ke dalam telinga saat Anda sedang berenang. Cara mengeluarkan air dari telinga secara salah malah dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi telinga.