21 Jan 2021, 14:05Kulit & Kelamin

Apa yang menyebabkan keputihan setelah menstruasi ?

I
Info Penanya: I0
Halo dok saya umur 19 thn, Saya sudah melewati masa menstruasi setelah 1 minggu saya keluar keputihan berwarna coklat dan sakit dibagian perut bawah pinggang saya baca artikell itu adalah ciri" kehamilan padahal saya tidak pernah berhubungan seks tolong penjelasannya dok Terima kasihh.
110 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo, I.Keputihan yang terjadi pada seorang wanita memang salah satu tanda sebuah kehamilan. Namun jika Anda tidak pernah melakukan hubungan seksual, maka kehamilan tidak mungkin terjadi. Kehamilan juga bukan sesuatu yang mudah, karena butuh proses yang sangat panjang untuk terjadinya kehamilan.

Apa yang menyebabkan keputihan setelah menstruasi ?

Keputihan yang dialami seorang wanita baik yang sudah melakukan hubungan seksual atau belum, memiliki dua penyebab. Penyebab keputihan yang pertama adalah keputihan karena infeksi suatu jamur, bakteri, dan kuman yang masuk ke vagina melalui hubungan seksual, proses masturbasi, seks toys, kebersihan vagina yang tidak dijaga dengan baikyang memberikan gambaran nyeri perut bagian bawah, keputihan banyak, lengket, dan berbau disertai rasa gatal pada vagina. Keluhan ini juga dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.Selain itu, keputihan yang normal terjadi pada wanita, misalnya keputihan muncul sesesaat sebelum menstruasi, sesudah menstruasi, saat ada ransangan seksual, saat kehamilan, menyusui, dan masa subur seorang wanita. Keputihan yang normal, tidak memberikan rasa gatal, aroma tidak sedap pada vagina, dan tidak terasa sakit.

Bagaimana cara mengatasi keputihan pada wanita ?

Cara mengatasi keputihan pada wanita antara lain :
  • Mengatasi penyebab utama terjadinya keputihan.
  • Selalu menjaga kebersihan organ intim.
  • Menganti pakaian dalam 2 kali sehari atau saat basah.
  • Tidak menggunakan pembersih kewanitaan yang mengandung pewangi.
  • Membasuh vagina dengan cara yang benar.
  • Mengganti pembalut tiap 4 jam atau lebih sering.
Jika keluhan keputihan yang Anda rasakan tidak kunjung membaik, dan menyebabkan nyeri saat berkemih maupun nyeri perut bawah, segera perika ke dokter spesilais kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
infeksi saluran kemihvagina gatalkeputihan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil