Jerawat di miss V dan sulit BAK, apa penyebabnya?

SU Info Penanya: SU
Dok saya lagi hamil, tapi saya bingung kenapa daerah Miss v saya ada tumbuh jerawat atau seperti bisul terus perih dok rasanya mau kencing tidak bisa
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Alat kelamin memiliki dua fungsi. Pertama, sebagai alat reproduksi, pada wanita misalnya menstruasi, melakukan hubungan seks, maupun melahirkan. Kedua, untuk fungsi berkemih, yaitu mengeluarkan urine saat buang air kecil.

Pada kondisi yang Anda alami, kemungkinan ada dua masalah yang dialami oleh alat kelamin Anda. Bisul kecil (seperti jerawat) pada vagina bisa disebabkan oleh kista bartholin, folikulitis, maupun infeksi menular seksual seperti herpes genital. Sedangkan sulit berkemih bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, atau kurangnya konsumsi cairan (dehidrasi).

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba melakukan beberapa hal berikut terlebih dahulu:

  • Cukupi kebutuhan air putih harian, apalagi saat ini Anda sedang hamil
  • Hindari dulu konsumsi teh, kopi, minuman bersoda, dan minuman beralkohol
  • Jaga kebersihan vagina, pastikan tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering
  • Gunakan bahan celana dalam yang menyerap keringat dan tidak ketat
  • Hati-hati jika mencukur bulu kemaluan, jangan sampai ke akarnya
  • Kompres hangat bisul kecil pada area vagina

Jika dengan cara tersebut keluhan-keluhan tak kunjung membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin (untuk bisul di vagina) dan dokter spesialis urologi (untuk sulit berkemih). Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan terapi yang sesuai. Jangan lupa sampaikan kepada dokter bahwa Anda sedang hamil, sehingga obat-obatan yang diberikan aman bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi saluran kemih pria biasanya terjadi ketika memasuki usia senja

Tak Hanya pada Wanita, Infeksi Saluran Kemih pada Pria Juga Bisa Terjadi

Infeksi saluran kemih pada pria juga bisa terjadi, walau wanita lebih rentan mengalaminya. Infeksi ini bisa terjadi karena gangguan bakteri seperti E. Coli yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh. Infeksi saluran kemih pada pria lebih umum menyerang saat pasien memasuki usia senja.