Sakit di daerah di belakang anus, apakah efek ambeyen?

QS Info Penanya: QS, Wanita, 18 Tahun
Kenpa ya dok diblkang anus sakit kaya nyeri apa itu efek ambeyen..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam QS,

Ambeien disebabkan adanya pelebaran pembuluh darah balik (vena) dan dalam istilah medis dikenal dengan Hemorrhoid externa. Pelebaran pada pembuluh darah vena di sekitar anus ini dikarenakan adanya beberapa faktor diantaranya :

  1. Kebiasaan duduk yang terlalu lama dengan posisi yang sama, dimana ini bisa menyebabkan tekanan pada vena di sekitar anus
  2. Kurangnya konsumsi sayur atau makanan yang mengandung serat
  3. Terlalu banyak konsumsi kafein
  4. Kebiasaan sering menahan BAB

Beberapa faktor diatas mampu menyebabkan abnormalitas dari kepadatan kotoran dan dinding pembuluh darah vena yang sifatnya lebih lentur/elastis dan tidak sekuat pembuluh nadi atau arteri. Kotoran yang terlalu keras mampu menyebabkan perlukaan pada vena saat melewati anus sehingga timbul gejala seperti nyeri, rasa panas, tidak nyaman ketika duduk, keluar benjolan serta terkadang diikuti darah segar saat BAB.

Beberapa tips untuk terhindar dari ambeien diantaranya :
  1. Hindari kebiasaan suka menahan BAB karena kotoran yang disimpan terlalu lama di perut menjadikan semakin keras dan susah dikeluarkan
  2. Kurangi konsumsi kafein berlebihan serta makanan pedas
  3. Perbanyak konsumsi sayur serta buah yang mengandung serat misal pisang atau pepaya
  4. Perbanyak minum air

Berikut ini saya sertakan artikel Kenali ciri ambeien. Konsultasikan dengan dokter spesialis bedah apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Ghifara Zuhda

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri ambeien perlu segera dikenali agar pengobatannya dapat segera dilakukan

Ciri-ciri Ambeien: BAB Berdarah hingga Anus Gatal

Anus gatal hanyalah satu dari sekian banyak ciri-ciri ambeien yang perlu Anda kenali. Ciri-ciri ambeien juga dapat berbeda pada setiap penderitanya, tergantung dari jenis ambeien yang diderita.