Sakit di dada sebelah kiri, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 27 Tahun
Hi, saya mau tanya, dada sebelah kiri saya ada rasa yang nggak nyaman ketika beraktivitas biasa, tapi sangat nyaman ketika ditahan dengan bantal/gulungan kain/tidur tengkurap.Keterangan lainnya, ketika ditekan/dipijit dengan tangan terasa sakit, tidak ada gangguan pernafasan sama sekali, sebelumnya saya sering olahraga ringan (push up), tapi saya hentikan karena rasa nggak nyaman di dada.Kira-kira kenapa ya? Mohon penjelasannyaTerima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, H.

Sakit di dada sebelah kiri merupakan keluhan yang kerap kali dihubungkan dengan organ-organ dalam yang terletak di dalam rongga dada bagian kiri seperti jantung. Selain jantung, gangguan pada sistem pernapasan, gangguan pada sistem pencernaan hingga gangguan pada otot dan tulang dada pun dapat menimbulkan rasa sakit di dada sebelah kiri.

Berikut berbagai faktor penyebab yang dapat menimbulkan sakit di dada sebelah kiri, diantaranya adalah :

  • angina (nyeri karena otot jantung kekurangan suplai oksigen)
  • kostokondritis (peradangan tulang rawan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada)
  • miokarditis (peradangan pada otot jantung)
  • perikarditis (peradangan pada kantung pembungkus jantun
  • pneumonia (peradangan pada paru-paru)
  • cedera otot dada

Mengenai keluhan yang Anda alami, dapat terjadi karena salah satu faktor penyebab diatas. Umumnya keluhan nyeri yang berhubungan dengan posisi atau gerakan seringkali disebabkan oleh gangguan pada struktur penyusun rongga dada seperti otot dan tulang rawan. Namun demikian, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab dan diagnosa pastinya. Dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan rontgen dada untuk mengidentifikasi kelainan yang mungkin terjadi pada organ dalam rongga dada. 

Untuk sementara, Anda dapat melakukan kompres hangat atau mengoleskan krim capcaisin untuk membantu meredakan sakit pada dada Anda. Jika keluhan mulai mengganggu aktivitas, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Jika sakit dada memberat disertai keluhan sesak napas, segeralah mencari pertolongan darurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang betis atau fibula adalah menyokong berat tubuh

Fungsi Tulang Betis alias Fibula Serta Bagian-bagiannya

Fungsi tulang betis untuk tubuh adalah sebagai tulang penyangga yang sekaligus memperluas kemampuan gerak pergelangan kaki. Tulang ini sering juga disebut sebagai fibula dan terletak di samping atau sebelah lateral dari tulang tibia.