Kenapa anak sakit di dada sebelah kiri?

NH Info Penanya: NH
Dok saya mau tanya,anak saya sering merasa tiba2 dada sebelah kirinya sakit sampai dia guling2 lrn kesakitan tp itu tidak berlangsung lama,hanya sekitar 5 sampai 10 menit sudah hilang,kira2 anak saya sakit apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NH,

Sakit dada kiri bisa disebabkan oleh beragam penyebab mulai dari gangguan otot, gangguan saluran pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan jantung dan lainnya seperti terbentur ataupun terpukul.

Jadi jika anak ibu sering merasa sakit dada dan tampak sakit berat ada baiknya untuk dipastikan kondisi penyebabnya. Perhatikan juga pola makan anak ataupun jika ada memar pada dada. Bisa juga berikan anak minum air putih lebih banyak, makan sedikit tapi lebih sering dan juga bisa kompres jika sedang nyeri dengan kompres hangat.

Coba juga tanyakan dan perhatikan kondisi apa yang memicu timbulnya sakit dada pada anak Anda. Jika terus berulang segea periksakan diri pada dokter anak. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti lab darah, foto rontgen, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan sebelum diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Denyut nadi normal lansia saat beristirahat adalah 60-100 kali per menit.

Berapa Sebenarnya Detak Jantung Normal pada Lansia?

Aritmia adalah penyakit yang mengakibatkan detak jantung tidak normal dan tidak teratur yang sering menyerang lansia. Denyut nadi normal lansia saat beristirahat adalah 60-100 kali per menit.