Kenapa sakit di dada pindah-pindah?

M Info Penanya: M, Wanita, 19 Tahun
Mau tanya, akhir-akhir ini dada kiri aku sakit pas lagi tarik napas panjang sama lagi sujud. Tapi sekarang sakitnya pindah ke dada tengah. Pas tarik napas panjang sama kalo lg deg-degan juga sakit.Kenapa ya dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Sakit dada merupakan salah satu keluhan yang perlu diwaspadai, karena di dada terletak organ yang penting yaitu jantung dan paru-paru. Perlu dibedakan apakah sakit dada ini dialami oleh orang muda atau orang yang sudah tua.

Secara keseluruhan, sakit dada bisa disebabkan oleh :
  1. Asam lambung yang meningkat, dalam dunia medis disebut dengan istilah GERD. Kelainan ini akan menimbulkan keluhan nyeri dada, napas terasa sesak, pengap, berat, dada terasa panas, tenggorokan terasa asam. Hal ini akan semakin memberat dalam keadaan stres atau terlambat makan atau makan makanan yang sangat pedas.
  2. Kram pada otot dada, biasanya akan terasa nyeri ketika menarik napas dalam-dalam dimana ketika bernapas akan melibatkan otot-otot dada. Bila kurang olahraga, maka otot-otot ini bisa dengan mudah untuk kram atau kaku sehingga timbul keluhan nyeri.
  3. Serangan jantung atau jantung koroner. Nyeri dada yang dirasakan seperti ditindih beban berat, menjalar hingga ke leher dan bahu, disertai sesak napas, keringat dingin dan mual muntah.
  4. Infeksi paru-paru. Pada infeksi yang sudah sangat berat dan menimbulkan fibrosis atau jaringan ikat pada paru-paru maka akan menimbulkan rasa nyeri ketika menarik napas.
Karena usia Anda masih muda, sementara yang dapat Anda lakukan adalah :
  1. Makan secara teratur, dengan porsi kecil namun lebih sering.
  2. Hindari makanan pedas, asam, berminyak dan bersantan.
  3. Hindari kopi, alkohol dan minuman bersoda.
  4. Kurangi stres.
  5. Tidur dengan posisi miring ke kiri.
  6. Gunakan masker bila beraktivitas diluar ruangan.
  7. Jangan merokok dan hindari paparan asap rokok, karena perokok pasif lebih berbahaya dibanding perokok aktif.
  8. Olahraga secara teratur, 30 menit setiap hari.
  9. Minum paracetamol untuk membantu mengurangi nyeri yang Anda rasakan.

Bila Anda sudah melakukan saran-saran yang saya sebutkan diatas namun keluhan tidak membaik, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti rekam jantung atau foto rontgen dada.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah alpukat tidak bersifat asam dan aman untuk penderita asam lambung

Terbukti Aman, Ini Daftar Buah untuk Asam Lambung yang Bersahabat

Untuk menghindari asam lambung naik, buah yang aman untuk penderita GERD adalah yang tidak bersifat asam seperti alpukat, apel, berries, melon, persik, dan pisang.