Sakit di dada, kadang di kiri dan kadang di kanan. Untuk meringankannya harus sering batuk. Apa penyebabnya?

R Info Penanya: R, Pria
Dokter, saya sering merasakan sakit di bagian dada, berasa nyaman kadang d bagian kiri kadang d kanan, untuk meringangan rasa sakit itu sy harus sering2 berdahak, menurut dokter apa yg sedang sy alami tersebut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, R

Terima kasih atas pertanyaannya.

Nyeri dada bisa disebabkan banyak hal, salah satunya adalah jantung. Maka Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke Dokter untuk memastikan penyebabnya bukan dari sakit jantung. Bagaimana nyeri yang Anda rasakan, apakah seperti ditusuk atau ditekan? Apakah menyebar ke daerah lain? Apakah terasa sesaat atau lama? Apakah timbul gejala lain seperti mual, pusing atau keringat dingin? Apakah Anda bisa menunjuk dimana sumber nyerinya?

Penyebab lain dari nyeri di dada sesuai dengan lokasinya. Selain jantung ada juga paru-paru serta saluran pernapasan, saluran pencernaan, atau otot dan sendi. Paru-paru bisa karena ada radang, infeksi atau asma. Saluran pencernaan bisa karena radang lambung, GERD atau gangguan di hati/empedu. Gangguan otot, sendi dan saraf daerah dada juga bisa mengakibatkan nyeri.

Saya lampirkan artikel mengenai penyebab nyeri dada selain jantung. Tetap saja jangan menunda untuk memeriksakan diri Anda ke Dokter.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna muntah kuning bisa menjadi indikator gangguan kesehatan

Arti Muntah Kuning Hingga Kehitaman, Kapan Harus Dapat Penanganan Darurat?

Muntah tidak selalu buruk, justru itu merupakan salah satu bentuk pertahanan ketika ada hal asing masuk ke tubuh atau sinyal terjadinya infeksi atau penyakit kronis. Warna muntah pun bisa berbeda-beda, seperti muntah kuning, hijau, hingga yang tidak berwarna sekalipun. Tetapi arti warna muntah bisa menjadi indikator kesehatan anda