Sakit dekat area rahang, apa penyebabnya?

IR Info Penanya: IR, Pria, 32 Tahun
Pagi Dok,Beberapa hari belakangan ini, area dekat lubang telinga (sendi rahang) saya terasa sakit. Sakitnya seperti sakit gigi, tapi rasa sakitnya muncul saat rahang saya gerak; contohnya bicara & makan saja. Kira-kira apa yang bermasalah ya dok? Telinga, Gigi/Gusi, atau sendi rahang? Tadinya saya mau ke klinik, tapi saya agak cemas dengan perkembangan virus corono belakangan ini. Apa ada obat tertentu untuk mengurangi rasa sakitnya? Terima Kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang IR, 

Sakit rahang adalah keluhan yang bisa timbul salah satunya karena masalah sendi rahang, gangguan gigi dan gusi, gangguan dinding mulut seperti sariawan dan lainnya.

Apabila keluhan sakit pada rahang disertai gejala lain seperti:

  • Bunyi pada rahang
  • Sulit membuka mulut
  • Nyeri jika membuka mulut terlalu lebar
  • Terasa nyeri di sekitar telinga dan leher

Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan sendi temporomandibular (temporomandibular joint/TMJ) yaitu sendir yang menghubungkan antara rahang bawah dengan tulang tengkorak.

Untuk meredakannya dapat dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Hindari terlalu lebar membuka mulut saat berbicara atau tertawa
  • Kompres bagian yang nyeri dengan kompres dingin atau hangat
  • Konsumsi paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri
  • Konsumsi makanan yang lebih mudah dicerna
  • Hindari kebiasaan menopang dagu

Jika tidak juga membaik perlu diperiksakan pada dokter gigi, nantinya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen. 

Jika ada masalah pada bentuk rahang nantinya juga bisa dilakukan pembuatan retainer gigi untuk memperbaiki bentuk rahang saat mengatup sehingga nyeri TMJ bisa dihindari.

Upayakan menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta bisa coba hubungi fasilitas kesehatan sebelum datang sehingga bisa mengurangi lama menunggu di fasilitas kesehatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rahang kaku salah satunya disebabkan oleh tetanus

Apa yang Menyebabkan Rahang Kaku?

Tetanus bukanlah satu-satunya penyebab rahang kaku, Anda bisa mengalami kekakuan pada rahang yang dipicu oleh hal lain, seperti stres dan kecemasan, atau kebiasaan mengunyah permen karet secara berlebih.