Bagaimana cara mengatasi efek samping yang timbul dari serum bisa ular?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 33 Tahun
Hallo dok.Anak saya usia 5 tahun sekitar 5 hari lalu digigit ular dan telah mendapatkan serum bisa ular namun saat ini anak saya demam dan timbul bintik merah dan gatal disekitar bekas gigitan.saya mohon saran dokter cara menangani dari efek samping serum tersebut secara alami dan antibiotik.sebelumnya dari RS terdekat anak saya telah mendapatkan sirup kering anti biotik namun setiap kali minum anak saya muntah sehingga menghentikan meminum sirup tersebut.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ular merupakan salah satu jenis hewan yang banyak di temukan di Indonesia. Ada banyak jenis ular, ada yang berbisa ada juga yang tidak. Gigitan ular sangat berbahaya, dapat menyebabkan bengkak, gangguan saraf, jantung hingga penafasan sehingga menyebabkan kematian. Sehingga setelah digigit ular, sebaiknya segera ke Instalasi Gawat Darurat untuk mendapatkan pengobatan pemberian serum bisa ular.

Serum bisa ular atau snake antivenom immunoglobulin merupakan serum yang berasal dari hewan. Hewan seperti domba atau kuda memiliki pertahanan tubuh yang kuat sehingga dapat membentuk antibodi untuk bisa ular. Karena serum ini berasal dari hewan, dapat menimbulkan efek samping cepat (reaksi anafilaktik) yang muncul dalam hitungan beberapa menit hingga beberapa jam seperti, denyut jantung cepat, gatal-gatal hingga sesak nafas. Jika muncul reaksi alergi ini harus segera di tangani segera karena dapat mengancam nyawa.

Ada pula reaksi serum sickness yang dapat muncul dalam waktu 1-12 hari setelah suntikan. Gejalanya adalah demam, mual dan muntah, diare, gatal hingga pembengkakan di daerah limfa. Jika muncul gejala serum sickness penanganan yang dapat Anda lakukan adalah pemberian penurun panas bisa dengan paracetamol, kompres hangat di area dahi, ketiak atau area yang bengkak, evaluasi muntah dan diare. Jika tidak membaik sebaiknya segera di bawa ke RS terdekat untuk penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bercak merah pada kulit anak bisa lebih sering muncul karena kulit mereka lebih sensitif dari orang dewasa

5 Penyebab Bercak Merah pada Kulit Anak Serta Penanganannya

Bercak merah pada kulit anak termasuk hal yang umum terjadi. Namun, banyak hal yang menyebabkan bercak merah pada anak, misalnya biang keringat dan gigitan serangga.