Apa penyebab penis keluar cairan putih lengket?

AR Info Penanya: AR
Dok, sy Pria berumr 22 thn. Skrg sdg berkuliah Magister di salah satu Universitas di Indonesia. Saya ingin mengeluhkan ttg kshtn sy, sdh lama sy selalu mrs ingin pipis berkali-kali. Bahkan, di beberapa ksmptn, sy mrs perih dan panas di kemaluan saya. Terkadang, pipis saya bahkan tidak mau berhenti keluar sangat lama. Namun, hanya tetesan kecil yang keluar. Dan juga, pipis saya terasa lengket saat dipegang. Juga mngluarkan cairan kecil brwn putih. Sy sdh mrskn hal ini sejak SMA.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, ARA.

 

Keluarnya cairan tidak normal dari penis selain sperma menunjukkan bahwa terjadinya masalah.

Berikut ini merupakan penyebab keluarnya cairan atau duh tubuh dari penis yang abnormal:

  • Gonore, atau lebih dikenal dnegan kencing nanah merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Gejala khas berupa keluarnya cairan dari penis yang kental dan lengket berwarna putih krem, kuning atau kehijauan disertai dengan nyeri Ketika buang air kecil.
  • Klamidia, infeksi menular seksual ini disebabkan oleh Chlamydia trachomatis dengan gejala cairan bening atau keruh yang muncul di ujung penis disertai dengan nyeri saat kencing serta rasa gatal dan panas di lubang penis, namun gejala ini baru muncul saat 3 hari pasca tertular.
  • Trikomoniasis, penyakit ini disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis dengan gejala keluarnya cairan kental dan lengket pada penis, kemerahan disetai bengkak pada ujung penis, dan seringnya buang air kecil.
  • Infeksi saluran kemih dengan gejala nyeri Ketika buang air kecil, disertai dengan demam dan menggigil.

Terkait dengan keluhan Anda sebaiknya harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin untuk memastikan penyebabnya. dokter akan melakukan tanya jawab tentang keluhan, kemudian pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium terkait dengan cairan putih yang keluar dari penis Anda.

Demikian yang harus Anda lakukan:

  1. Banyak minum air putih minimal 2 liter/hari
  2. Jaga kebersihan alat genital Anda dengan rajin mencucinya dan ganti celana dalam berkala
  3. Hindari berhubungan seksual dengan gonta ganti pasangan
  4. Untuk pengobatan pasangan harus diikutsertakan

 

Semoga bermanfaat, terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ

Salam sehat,

 

dr. Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nyeri pada panggul bisa jadi salah satu gejala infeksi radang panggul kronis yang berbahaya

Ini Tanda Infeksi Radang Panggul yang Berbahaya bagi Wanita

Gejala infeksi radang panggul sulit terdeteksi di awal kemunculannya. Padahal, jika berkembang kronis, ia cukup berbahaya. Ketahui & waspadai gejalanya, ya!