Sakit dan Pegal di Tulang Belakang

R Info Penanya: R, Pria, 29 Tahun
Hallo dok, saya sering merasa bagian di sekitar pinggang belakang atas dan tulang punggung saya terasa sakit dan pegal, terutama setelah bangun tidur. Saat setelah bangun tidur, bagian tersebut terasa kaku. Apakah hal ini dikarenakan pekerjaan saya yang mengharuskan saya untuk duduk mengendarai sepeda motor dalam jangka waktu yang lama? Apa penyakit yang saya alami serta apa yang harus saya lakukan agar rasa sakitnya bisa menghilang? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Halo Pak R,

Keluhan sakit pada pinggang dan tulang belakang sangat mungkin disebabkan karena tertariknya otot dan tulang punggung akibat posisi tubuh yang salah akibat pekerjaan atau kebiasaan.

Sebagian besar keluhan sakait pada tulang belakang dapat sembuh dengan sendirinya setelah pasien memperbaiki posisi tubuhnya. Untuk Bapak saat naik sepeda motor dalam waktu lama usahakan duduk dengan posisi baik dan atur posisi setir dengan posisi badan dalam sudut yang pas. Jangan terlalu bungkuk dan sebaiknya punggung tidak menahan beban terlalu berat dari tas punggung yang dibawa.

Lakukan peregangan dan olah raga secara teratur, seperti berenang atau yoga.

Bila diperlukan dan keluhan sakit terus berlanjut, sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik di Rumah Sakit terdekat atau Dokter Spesialis Ortopedi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan merujuk untuk dilakukan tindakan fisiotherapy dan pengobatan bila memang dibutuhkan.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan saluran kemih bukan satu-satunya penyebab sakit pinggang sebelah kanan

Sakit Pinggang Sebelah Kanan Bisa Berbahaya Bagi Anda

Sakit pinggang sebelah kanan terkadang terasa mengganggu atau bahkan menyiksa. Sakit ini menandakan adanya masalah di daerah pusat sekitar rasa sakit, misalnya gangguan pada sistem saluran kemih.