05 Dec 2020, 18:59Mata

Penyebab persepsi rasa gatal di mata dan otak

NA
Info Penanya: NA0
Malam dok, saya punya gejala sakit dan gatal yang berlebihan pada mata serta gatal dibagian dalam pada otak sudah seminggu lebih saya menderita sakit dan gatal pada mata dan kepala. Menurut dokter apa yang menyebabkannya?
409 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat malam, N.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Rasa gatal yang dialami tiap orang dapat disebabkan oleh pemicu gatal misalnya gigitan nyamuk, serangga, tungau, debu, dan bakteri, maupun dari sumber yang menyebabkan rasa gatal itu sendiri misalnya gangguan otak, atau saraf penghantar rasa gatal.

Penyebab mata gatal

Ada beberapa penyebab mata gatal antara lain :
  • Konjungtivitis alergi biasanya disebabkan pencetus alergi misalnya alergi obat, alergi cuaca, alergi debu.
  • Konjungtivitis bakterial biasanya terjadi pada kedua mata, disertai kotoran mata yang lengket, serta mata yang memerah serta gatal.
  • Konjungtivis akibat iritasi biasanya disebabkan oleh mata yang kering akibat terlalu lama bermain gadget, menonton tv, terpapar sinar matahari, membuat mata perih, merah, serta gatal.

Penyebab persepsi rasa gatal

Penyebab otak terasa gatal sulit untuk dijelaskan karena ini merupakan sebuah persepsi dan harus dicari tahu terlebih dahulu penyebabnya, bagian mana yang terasa gatal, adakah rasa gatal yang menjalar di tangan, di kaki atau di organ tubuh lain. Apakah disertai kelemahan dan rasa kebas di anggota badan.Penyebab persepsi rasa gatal ini dapat disebabkan oleh :
Jika keluhan rasa gatal di mata dan di otak Anda tidak berkurang, Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Anda juga dapat mengkonsumsi obat gatal seperti chlorpheniramin maleat 3x1 tablet sesudah makan, namun obat ini dapat menyebabkan kantuk, jadi harus berhati-hati jika ingin berkendara. Untuk mengurangi rasa nyeri Anda dapat konsumsi parasetamol 3x1 tablet sesudah makan jika rasa nyeri tidak tertahankan.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
gatalpenyakit kepalakonjungtivitis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil