sakit dan berat bergerak saat posisi terlentang pada ibu hamil

H Info Penanya: H, Wanita, 31 Tahun
Saat ini saya hamil. Kalau dari posisi telentang di kasur, mau menggerakkan kaki rasanya sakit. Berat gitu mau bergerak. Mengapa ya? Apa yang perlu saya lakukan? Terima kasih, dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam H

Selama kehamilan rahim mengalami pembesaran seiring pertambahan usia gestasi. Ada banyak organ yang dipengaruhi selama kehamilan dan penambahan ukuran rahim.

Dengan posisi terlentang biasanya aliran balik pembuluh vena  dan ke atas biasanya terhambat oleh kompresi rahim, sehingga aliran balik terhambat membuat tungkai menjadi bengkak, hal ini membuat sulit bergerak dan nyeri pada kaki. pada saat tidur terlentang aliran balik kejantung juga terhambat akibat kompresi sehingga memicu penurunan aliran jantung yang dapat membuat turun tekanan darah, pusing dan lemas pada ibu hamil.

Saya sarankan agar seiring pertambahan usia kehamilan sebaiknya anda tidur dalam posisi agak duduk atau miring ke kiri, agar aliran darah balik ke jantung tidak terhambat. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Buah, sayur, olahan susu, dan kacang bisa menjadi camilan, yang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil

Beberapa Inspirasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil sebagai Camilan

Kebiasaan ngemil mungkin membuat beberapa ibu hamil cemas, karena takut mengganggu kesehatan tubuhnya serta pertumbuhan janin. Namun tenang saja. Sebab, Anda bisa tetap ngemil, selama camilan yang dipilih, terbuat dari makanan sehat untuk ibu hamil.