sakit dan berat bergerak saat posisi terlentang pada ibu hamil

H Info Penanya: H, Wanita, 31 Tahun
Saat ini saya hamil. Kalau dari posisi telentang di kasur, mau menggerakkan kaki rasanya sakit. Berat gitu mau bergerak. Mengapa ya? Apa yang perlu saya lakukan? Terima kasih, dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam H

Selama kehamilan rahim mengalami pembesaran seiring pertambahan usia gestasi. Ada banyak organ yang dipengaruhi selama kehamilan dan penambahan ukuran rahim.

Dengan posisi terlentang biasanya aliran balik pembuluh vena  dan ke atas biasanya terhambat oleh kompresi rahim, sehingga aliran balik terhambat membuat tungkai menjadi bengkak, hal ini membuat sulit bergerak dan nyeri pada kaki. pada saat tidur terlentang aliran balik kejantung juga terhambat akibat kompresi sehingga memicu penurunan aliran jantung yang dapat membuat turun tekanan darah, pusing dan lemas pada ibu hamil.

Saya sarankan agar seiring pertambahan usia kehamilan sebaiknya anda tidur dalam posisi agak duduk atau miring ke kiri, agar aliran darah balik ke jantung tidak terhambat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat, demi kesehatan janin.

Daftar Buah-Buahan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Kurangnya asupan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan perubahan permanen metabolisme janin di dalam rahim. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, serta serat.