Sakit pada area dada, apakah penyebabnya?

HA Info Penanya: HA, Pria, 22 Tahun
dok, saya mengalami sakit pada dada tengah agak kekanan sedikit. ketika menarik nafas dalam posisi tidur. dan sakitnya itu hilang timbul. terima kasih atas pencerahaannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, H

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sakit pada area dada bisa di sebabkan oleh adanya riwayat cedera pada tulang / otot dada atau bisa juga karena kondisi medis lainnya terkait organ-organ dalam dada.

Penyebab nyeri dada

Dibawah ini merupakan beberapa organ pada area dada dan sekitar, yang bisa menyebabkan rasa sakit pada dada. Adapun diantaranya yaitu:

Pada usia dewasa muda, keluhan rasa tidak nyaman paling sering diseabkan oleh adanya masalah pencernaan seperti pada GERD. GERD adalah suatu penyakit dimana kembalinya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan rasa panas terbakar pada area dada, rasa asam pada mulut, mual dan atau muntah, rasa mengganjal pada tenggorokan, nyeri pada ulu hati dan rasa asam pada mulut.

Untuk dapat memastikan penyebab pasti dari keluhan Anda perlu dilakukna pemeriksaan, oleh sebab itu sebaiknya segeralah memeriksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Tips untuk menjaga kesehatan pencernaan diantaranya yaitu:

  • Usahakan makan tepat waktu
  • Hindari berbaring / tidur setelah makan 
  • Hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung
  • Biasakan makan dengan porsi kecil, namun sering
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pola hidup sehat seperti minum jus buah dapat membantu atasi divertikulitis

Bagaimana Melakukan Diet Divertikulitis? Ini Caranya

Pola hidup sehat bagi penderita divertikulitis yang paling utama adalah diet saat divertikulitis kambuh dan ketika divertikulitis sudah diatasi.