sakit dada tertusuk dan buat tidur terlentang terasa sakit bernafas

IN Info Penanya: IN, Pria, 47 Tahun
Dokter,sy ingin bertanya knp tiba2 tadi pagi dada sy sakit seperti di tusuk2 dan buat tidur celentang terasa sakit narik nafas pun terasa sakit , trimakasih atas pencerahannya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam IN

Sakit dada seperti tertusuk dapat disebabkan beberap kondisi seperti penyakit jantung koroner, radang paru, nyeri otot dada. Namun jika nyeri dada seperti ditusuk disertai keluhan sesak nafas dan sulit tidur terlentang, hal itu mungkin menjadi tanda serangan jantung. Keluhan nyeri dada tersebut terjadi akibat penyempitan pembuluh jantung koroner sebagai efek dari kegemukan, konsumsi makanan berlemak, merokok, darah tinggi, kurang olahraga dan faktor pertambahan usia. 

Jika nyeri dapat terkontrol dengan baik,maka sebaiknya anda melalukan pola hidup sehat seperti olahraga, menghindari rokok dan alkohol, melakukan olahraga rutin, menurunkan berat badan jika kegemukan. 

Saya sarankan agar anda istirahat saat nyeri dada timbul, mengatur posisi seperti duduk. Jika nyeri menetap dan semakin memberat maka segera ke IGD karena serangan jantung sedang berlangsung, anda harus menjalani evaluasi elektrokardiogram, jika terbukti ada serangan jantung berat maka anda harus segera mendapatkan penanganan dengan dokter spesialis jantung

salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Simvastatin adalah obat penurun kolesterol yang tersedia dalam bentuk tablet maupun cairan

Simvastatin adalah Obat Penurun Kolesterol yang Sering Dianjurkan Dokter

Simvastatin adalah salah satu obat yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol. Obat ini tersedia dalam dua bentuk, yaitu tablet dan suspensi (cairan). Penggunaan simvastatin yang disertai dengan perubahan gaya hidup dapat memberikan hasil yang lebih baik bagi penderita kolesterol tinggi.