Apakah penyebab nyeri dada dan perut sebelah kiri?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya sering sakit dada tengah sampai punggun bahkan menelan makanan pun suka susah serasa keselek dan sering sakit di bawah payudarah sebelah kiri kenapa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri dada merupakan sebuah rasa yang tidak nyaman dirasakan pada area dada. Nyeri dada sendiri bisa berupa nyeri tajam, nyeri tumpul, nyeri speerti tertindih, nyeri panas terbakar atau berupa keluhan yang lainnya. Nyeri dada bisa disebabkan mulai dari adanya cedera yang menyebabkan nyeri otot pada area dada, adanya penyakit jantung, adanya penyakit paru, atau karena adanya masalah pencernaan terkait asam lambung seperti Gastro Esofageal Reflux Disease (GERD). Pada usia dewasa muda, keluan nyeri dada sering kali dikaitkan dengan GERD.

Adapun tanda dan gejala dari GERD adalah:

  • Rasa panas terbakar pada area dada (heart burn)
  • Rasa tidak nyaman di area ulu hati dan atau dada
  • Mual dan atau muntah
  • Kembalinya makanan / cairan asam lambung ke kerongkongan (reflux)
  • Rasa pahit di mulut
  • Rasa tidak nyaman pada tenggorokan, seperti ada yang mengganjal atau berlendir

Terkait keluhan yang Anda rasakan, perlu adanya pemeriksaan untuk dapat mengetahui penyebab pastinya. beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk menghidari keluhan tersebut adalah berusaha untuk makan tepat waktu (tidak menunda makan), hindari makanan yang dapat memicu kenaikan asam lambung, hidnari berbaring / tidur setelah makan (sebaiknya beri jeda 3 jam setelah makan, bila hendak berbaring / tidur), konsumsilah makanan yang bergizi siembang, hindari stres dan kelelahan, cukupi kebutuhan cairan harian Anda, jaga keberisihan diri dan lingkungan, serta lakukanlah olahraga ringan agar badan tetap sehat.

Bila keluhan tidak membaik dalam waktu 2 hingga 3 hari, segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minuman untuk asam lambung yang disarankan adalah air kelapa.

Kenali Minuman untuk Asam Lambung yang Baik Bagi Kesehatan Penderitanya

Minuman untuk asam lambung ternyata cukup beragam untuk dikonsumsi. Mulai dari teh herbal hingga yogurt, manfaatnya baik untuk penderita asam lambung.