Sakit dada setiap makan dan minum

S Info Penanya: S, Wanita, 20 Tahun
Selamat sore dok. saya ingin bertanya, saya mergalami sakit di bagian dada setiap saya memakan atau meminum sesuatu, apalagi saat saya meninum sesuatu yang manis rasanya sangat sakit dan ketika saya tertidur punggung saya terasa sakit. in kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Sakit pada dada dapat disebabkan beberapa kondisi seperti penyakit jantung koroner, radang paru, nyeri pada otot dan gangguan refluks asam lambung atau disebut GERD/gastroesophageal reflux disease.

Pada nyeri dada jantung koroner biasanya timbul rasa nyeri sebelah kiri menjalar ke leher dan lengan kiri disertai rasa sesak nafas dan berdebar. sedangkan pada radang paru biasanya nyeri dipengaruhi pola menarik dan menghela nafas. Untuk nyeri pada otot dada biasanya dipengaruhi pergerakan otot.

Pada anda sakit pada dada dipengaruhi pola makan dan minum, hal ini biasanya terjadi pada gangguan refluks naiknya asam lambung yang menyebabkan iritasi asam pada saluran esofagus / saluran makan bagian bawah akibat kelemahan sphinter esofagus-lambung. beberapa pencetus adalah kegemukan, stress, alkohol, rokok. Gejala yang lain menyertai kondisi ini adalah nyeri ulu hati, mual, muntah, mulut terasa asam, batuk kronik. 

Untuk tatalaksananya saya sarankan hindari makan dan minum yang mengandung asam, jangan langsung tidur setelah makan, posisikan kepala lebih tinggi dengan dua bantal minimal saat tidur, hindari terlambat makan dan minum, jangan merokok dan minum alkohol. 

Untuk tatalaksana obat biasanya sebelum makan diberikan obat golongan PPI, sucralfat, prokinetik. Anda juga saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD). 

Salam sehat

dr. Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat jantung bengkak tergantung dari pemicu jantung bengkaknya, bila diakibatkan oleh serangan jantung, maka obat jantung bengkak yang diberikan akan berupa obat untuk mengatasi serangan jantung

Apa Saja Obat Jantung Bengkak yang Diberikan Dokter?

Tahukah Anda bahwa jantung bengkak bisa menjadi indikasi adanya gangguan jantung, seperti serangan jantung, gagal jantung, dan sebagainya? Namun, Anda tidak perlu khawatir karena obat jantung bengkak bisa diberikan untuk mengontrol gejala jantung bengkak yang dialami.