sakit dada sebelah kiribertambah saat aktifitas

HP Info Penanya: HP, Wanita, 29 Tahun
Dok,,, belakangan ini dada sy sebelah kiri sering sakit,,,terutama jika sy bawa beraktivitas sakitny semakin bertambah kira" itu gejala apa yah dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam HP

Sakit dada kiri memberat dengan aktifitas paling sering disebabkan penyempitan pembuluh darah jantung koroner. Biasanya nyeri terjadi akibat aktifitas disertai sesak nafas dan dada berdebar, sering terjadi pada seseorang dengan usia diatas 40 tahun dengan riwayat merokok, kegemukan, memiliki tekanan darah tinggi, biasa mengkonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, riwayat diabetes. 

Sakit dada meningkat saat aktifitas terjadi karena saat melakukan aktifitas jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga membutuhkan pasokan oksiden yang lebih banyak, namun karena ada penyumbatan pada pembuluh darah koroner jantung maka jantung akan mengalami kerusakan. 

Selain akibat penyempitan pembuluh darah koroner jantung, nyeri dada dapat dicetuskan oleh peradangan otot, biasanya terjadi akibat banyak mengangkat beban yang membuat otot tertarik, namun tidak dipengaruhi oleh aktifitas

saya sarankan agar anda beristirahat saat timbul nyeri dada, perbanyak minum air, hindari rokok, makanan berlemak dan manis. Sebaiknya anda harus segera memeriksakan diri dengan dokter jantung untuk mengevaluasi kondisi pembuluh darah jantung anda. Sesungguhnya nyeri dada sakit jantung koroner dapat menjadi keadaan yang berbahaya.

salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Prosedur pasang ring jantung dilakukan untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah

Menilik Prosedur Pasang Ring Jantung hingga Efek dan Risikonya

Pasang ring jantung, dilakukan untuk merawat penyempitan pembuluh darah jantung yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner atau sebagai perawatan lanjutan setelah serangan jantung.