Sakit dada sebelah kiri, merembet ke seluruh bagian dada

YG Info Penanya: YG, Pria, 54 Tahun
Sy sering mengalami sakit dada sebelah kiri dan kadang kerembet keseluruh bagian dada..kenapa ya.??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang pak YG,

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan munculnya keluhan nyeri dada, antara lain :

1. Penyakit jantung koroner, dimana nyeri dada bisa dirasakan di dada bagian tengah atau dada bagian kiri. Biasanya nyeri dada dapat menjalar hingga ke rahang dan bahu kiri. Selain itu keluhan nyeri dada seringkali disertai keluhan lain seperti keringat dingin, mual, muntah, hingga sesak napas. Seringkali keluhan ini muncul saat penderita selesai melakukan aktivitas berat seperti olahraga, mengangkat beban berat ataupun setelah kondisi stres, marah. Untuk memastikan penyakit tersebut, penderita bisa melakukan pemeriksaan rekam jantung di Rumah Sakit.

2. Asam lambung yang meningkat, dimana kadar asam lambung di dalam lambung meningkat dan naik ke tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan munculnya keluhan nyeri dada atau daerah dada terasa panas, dan di tenggorokan terasa asam. Hal ini bisa disebabkan karena terlambat makan, atau makan makanan yang pedas, asam.

3. Batuk kronis, dimana penderita seringkali batuk untuk jangka waktu yang lama sehingga otot-otot di rongga dada mengalami masalah seperti kram otot.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa hal seperti istirahat saat keluhan nyeri dada muncul, menarik napas dalam, minum air hangat. Selain itu perlu makan secara teratur dan menghindari makan makanan yang terlalu pedas dan asam.

Bila keluhan nyeri dada semakin memberat seperti penderita sampai muntah, sesak napas dan berkeringat dingin, maka sesegera mungkin lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

Salam sehat,

dr. Vina

RA
23 Sep 2019, 00:56
Udah coba pake paketan tienshi belum pak? Saudara saya juga pernah alhamdulillah sekarang bisa normal lagi, berbagi aja pak di wa 083862651634 . Barangkali saya bisa bantu :)
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

CPR adalah salah satu tahap pertolongan pertama pada serangan jantung, apabila korban tidak bernapas

Langkah Tepat Melakukan Pertolongan Pertama pada Serangan Jantung

Serangan jantung adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa datang kapan saja dan dimana saja. Pertolongan pertama dari serangan jantung adalah hal yang penting untuk dipelajari. Seperti pemberian obat aspirin dan melakukan CPR adalah pertolongan pertama yang tepat untuk serangan jantung.