07 Aug 2020, 21:09Penyakit Lainnya

Sakit dada saat berbaring, disertai punggung dan tangan kanan yang pegal

DN
Info Penanya: DN, Pria, 25 Tahun
Malem dok....sya mau bertanya dok mhon saran dan bimbingannya dok. Saya mengalami sakit di bagian dada sebelah kanan dan kiri udh 5 hari..awal sebelah kanan di hari ke 4 sakit nya dada kiri dan kanan,,sakit dadanya pas posisi badan di terlentangin atau di tengkurepin. Klw pas posisi bdan berdiri atau di dudukin dada gk sakit dok,,,d.tarik nafas juga gk sakit. Trus punggung dan tangan sebelah kanan sya terasa pegal-pegal dok. Kira kira sya sakit apa ya dok? Mhon penjelasannya dok!?
7837 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DN.Sakit dada adalah sensasi tidak nyaman (nyeri) yang dirasakan pada dada, dan dapat terjadi karena berbagai penyebab. Beberapa di antaranya adalah gangguan pada otot, tulang rusuk, tulang dada, jantung, pleura, paru-paru, maupun pembuluh darah. Sakit dada juga bisa disertai oleh gejala lain, seperti batuk, sesak, maupun pegal-pegal.Apabila sakit dada dirasakan pada dada kanan dan kiri, hanya saat berbaring atau tengkurap, dan ada bagian tubuh lain yang pegal, maka kemungkinan besar penyebabnya berasal dari otot. Berikut faktor-faktor yang dapat memengaruhi:
  • Pasca melakukan aktivitas tertentu yang melibatkan otot dada
  • Adanya tekanan pada dada dan punggung pada saat berbaring atau tengkurap
  • Alas tidur yang Anda gunakan sudah tidak memadai
  • Kurangnya zat gizi tertentu, misalnya vitamin B kompleks
Untuk sementara, Anda dapat mengurangi aktivitas yang terlalu melelahkan dan perbanyak beristirahat. Pastikan juga alas tidur Anda masih baik untuk digunakan, misalnya tidak ada per yang rusak. Konsumsi makanan yang kaya vitamin B seperti alpukat, pisang, brokoli, atau bayam.Apabila berlanjut, disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam, karena dikhawatirkan ada penyebab lainnya, misalnya efusi pleura (cairan pada paru-paru). Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik atau penunjang seperti rontgen dada, dan diberikan terapi yang sesuai. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit jantungpleuritisnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil