kenapa sakit dada saat menelan makanan dan minuman?

DJ Info Penanya: DJ, Pria, 17 Tahun
dok saya merasakan sakit di dada bagian atas saat saya menelan ataupun minum bagaimana cara menyembuhkan rasa sakit tersebut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DJ,

Sakit dada adalah keluhan yang bisa timbul karena beragam hal, mulai dari masalah pernapasan, masalah pencernaan, ataupun karena penyebab lain. Apabila keluhan timbul saat menelan bisa juga disebabkan oleh radang tenggorokan, penyempitan kerongkongan ataupun adanya peningkatan asam lambung.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Mengonsumsi makanan yang lebih mudah dikonsumsi
  • Hindari makanan yang mengiritasi lambung
  • Jaga pola makan agar bisa lebih teratur
  • Kelola rasa cemas, beban pikiran agar tidak memicu sakit dada

Bila sebelumnya memiliki riwayat maag atau penyakit asam lambung, ada baiknya bisa mengonsumsi obat maag sebelum makan. Tidak jarang bila memiliki riwayat maag atau asam lambung, bisa memicu adanya luka di saluran pencernaan terutama di lambung dan usus halus.

Oleh sebab itu, jika sering kali keluhan terasa setelah makan maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis penyakit dalam apakah ada luka di lambung atau tidak. 

Jika nyeri atau sakit hanya saat menelan saja, bisa perbanyak minum air putih dan mengonsumsi pelega tenggorokan. Karena bisa disebabkan oleh iritasi atau radang di tenggorokannya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab radang tenggorokan bisa berasal dari banyak hal, namun tidak semuanya memerlukan antibiotik radang tenggorokan.

Tidak Hanya Antibiotik, Kenali Jenis Pengobatan Radang Tenggorokan Lainnya!

Radang tenggorokan mengakibatkan penderita sulit menelan, bahkan hingga demam dan rasa tidak nyaman di sekitar tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan bisa berasal dari banyak hal, namun tidak semuanya memerlukan antibiotik radang tenggorokan.