Sakit dada tengah saat makan dan berbaring

IF Info Penanya: IF, Pria, 50 Tahun
Dok saya mau tanya.udah sebulan ini saya sakit dada di tengah tengah,klo berbaring pun kadang merasa sakit. Apalagi kalo makan yang kering dok serasa makan duri aja,itu juga harus pake air minum biar ketelen..solusinya apa dan penyakit apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IF.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit dada adalah sensasi nyeri pada bagian dada yang umumnya dibagi menjadi dada kiri dan dada kanan sesuai dengan organ yang terletak pada di dalam rongga dada maupun berdekatan dengan rongga dada. Berkaitan dengan hal tersebut nyeri dada umumnya diidentikan dengan gangguan jantung, gangguan paru-paru, dan organ lainnya yang berdekatan seperti lambung, pankreas, tulang rusuk dan yang lainnya.

Mengenai keluhan yang Anda alami, sakit dada yang dirasakan pada bagian tengah masih mungkin terjadi karena organ-organ yang telah dipaparkan diatas. Karena tidak terlalu spesifik, keluhan penyerta dari nyeri dada bagian tengah sangat perlu untuk lebih digali dan tentunya didukung oleh pemeriksaan fisik serta pemeriksaan lainnya untuk menunjang kebutuhan diagnosis jika diperlukan. Terkait dengan keluhan penyerta yang Anda rasakan seperti nyeri saat makan dan berbaring, dapat lebih mengarah pada gangguan pencernaan khususnya organ lambung yang berhubungan dengan kerongkongan tempat Anda menelan makanan.

Gangguan tersebut dapat berupa radang lambung, luka lambung atau yang paling khas yaitu refluks asam lambung ke kerongkongan, yang dalam bahasa medis dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD). Pada GERD ini terjadi kenaikan berulang isi lambung yang terdiri dari asam dan enzim ke kerongkongan sehingga menimbulkan sensasi nyeri dada yang seperti terbakar (heartburn) yang daapt dirasakan setelah makan dan dapat memburuk saat malam hari ketika berbaring disertai kesulitan untuk menelan.

Namun, untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Maka, apabila keluhan yang Anda alami terus berlanjut, sebaiknya segera diperiksakan kepada dokter Spesialis Penyakit Dalam agar keadaan yang dialami tidak semakin buruk atau mengakibatkan komplikasi yang serius.

Untuk membantu mengatasi gejala yang dialami, sementara Anda dapat mencoba beberapa tips berikut, diantaranya adalah :

  • konsumsi bahan alami sseperti air rebusan jahe, daun mint, perasan lemon dan baking soda, serta bubuk kayu manis
  • hindari berbaring minimal 2 jam setelah makan dan ketika keluhan kambuh
  • hindari makanan yang sulit dicerna ( berlemak, berminyak, mengandung banyak pengawet dan lain-lainnya)
  • hindari konsumsi obat-obatan pereda nyeri (OAINS) tanpa resep dokter
  • kompres bagian yang nyeri dengan air hangat

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tidak hanya mabuk, efek alkohol terhadap tubuh adalah dapat memicu diabetes

Jangan Remehkan 13 Efek Alkohol pada Tubuh Anda Ini

Menyesap alkohol sekali-kali tidaklah masalah, tapi meminumnya secara berlebih dapat menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan. Efek alkohol terhadap tubuh tak boleh diremehkan, karena dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai gangguan medis lainnya.