21 Jun 2020, 20:03Penyakit Lainnya

Sakit dada, apakah harus langsung ke IGD?

SU
Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Saya sakit dada dari selasa kmren sampe sekarang ini saran nya harus bagaimana apa langsung lari ke IGD apa jangan
13520 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, SU.Sakit atau nyeri adalah sensasi tidak menyenangkan yang pernah dirasakan siapa saja. Derajat sakit bisa ringan sampai berat, dan jika berat dapat mengganggu aktivitas. Semua bagian tubuh juga bisa mengalami sakit, termasuk dada.

Penyebab Nyeri Dada

Di dalam dada, terdapat banyak organ, mulai dari pembuluh darah, kelenjar getah bening, payudara, tulang, otot, jantung, sampai paru-paru. Rasa sakit yang dirasakan di dada bisa disebabkan oleh salah satu organ tersebut. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit dada adalah:
  • Penyakit jantung koroner. Biasanya sakit akan terasa di dada kiri, menembus ke punggung, menjalar ke lengan kiri, bahu kiri, dan dagu.
  • Pleuritis (peradangan selaput paru), biasanya sakit akan disertai dengan rasa sesak
  • Nyeri otot karena melakukan aktivitas berat atau salah posisi tidur
  • Kanker atau tumor payudara
  • Dan masih banyak penyebab lainnya
Terkait pertanyaan Anda, apakah harus diperiksakan ke IGD atau tidak tergantung dari berat-ringannya rasa sakit itu, serta gejala penyertanya. Jika Anda adalah seseorang yang sehat (memiliki tekanan darah normal, berat badan ideal, dan lain-lain), serta sakit berskala ringan dan hanya dirasakan seperti pegal-pegal, Anda bisa memantau dulu di rumah. Perbanyak istirahat dan jangan berolahraga terlalu berat dahulu, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin B seperti alpukat.Tetapi, jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, berusia di atas 40 tahun, atau merasakan sakit berskala sedang sampai berat, sebaiknya segera periksakan, ya. Apalagi jika disertai dengan sesak napas, batuk darah, benjolan pada dada, dan gejala-gejala lain yang mengganggu aktivitas, jangan ditunda. Anda dapat memeriksakan diri ke IGD, dimana nantinya dokter umum akan merujuk Anda untuk perawatan dengan spesialisasi yang terkait. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kanker payudarapleuritispenyakit jantung koronernyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil