Kenapa muncul sakit dada?

GP Info Penanya: GP, Wanita, 19 Tahun
Pagi dok, maaf dok sebelumnya saya mau tanya kenapa ya dok saya beberapa bulan ini suka merasa sakit dada, serta pusing, mual, sakit pinggang, serta punya perasaan yg tidak enak terus suka terasa lemas bahkan nafas suka kurang enak dan saat saya beraktifitas pun sekarang jadi mudah lelah, knpa ya dok kira-kira itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore GP,

Berbagai keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh gangguan psikologis atau adanya gangguan di berbagai organ yang terjadi secara bersamaan.

Untuk keluhan sakit dada bisa disebabkan oleh gangguan asam lambung yang naik ke tenggorokan, infeksi paru-paru seperti TBC, atau adanya sumbatan pembuluh darah jantung atau akibat otot dada yang kram akibat jarang berolahraga. Adanya gangguan lambung juga akan menimbulkan keluhan mual, muntah, mudah tersedak, dan gangguan tidur.

Sedangkan untuk keluhan sakit pinggang bisa disebabkan oleh faktor kurang minum air putih, infeksi saluran kemih, batu ginjal, atau postur tulang belakang yang tidak benar.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan-keluhan Anda adalah :

  1. Cari kegiatan yang menyenangkan agar tidak mudah stres.
  2. Hindari konsumsi makanan pedas, asam, kopi, soda, alkohol.
  3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  4. Minum air putih yang banyak, minimal 2 liter/ hari.
  5. Jangan begadang.
  6. Lakukan olahraga agar aliran darah bisa lancar.

Bila keluhan tidak ada perubahan, semakin sering nyeri dan sesak napas, maka Anda harus melakukan konsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti cek darah, rekam jantung, dan foto rontgen dada agar bisa ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gagal jantung kongestif bisa membahayakan nyawa dan terjadi secara tiba-tiba

Mengenal Gejala Gagal Jantung Kongestif yang Mengancam Nyawa

Gagal jantung kongestif merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Bisa terjadi tiba-tiba, gejala penyakit ini pun kerap disalahartikan, sehingga penanganannya seringkali terlambat.