sakit dada kiri sampai sesak gk bisa bernafas

R Info Penanya: R, Wanita, 2019 Tahun
Dokter dada sebelah kiri saya sakit/nyeri sekali kenapa yah? Kadang sampe sesak ga bisa buat nafas
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R

Keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan beberapa kondisi seperti penyakit jantung koroner dan pleuritis. 

Penyakit jantung koroner terjadi akibat pembuluh darah koroner mengalami penyempitan, berbagai faktor pencetus adalah kegemukan, konsumsi lemak, diabetes, darah tinggi, kurang olahraga, pertambahan usia dan riwayat keluarga dengan serangan jantung. Nyeri akibat penyakit jantung koroner biasanya menetap seperti ditusuk dan tertimpa di dada kiri menjalar ke tenggorokan dan lengan kiri. Nyeri dada dapat disertai sesak nafas, cepat lelah dan jantung berdebar. 

Nyeri pada dada juga dapat dicetukan peradangan pada selaput paru atau pleuritis, biasanya nyeri memberat saat menarik dan menghela nafas, pasien juga memiliki riwayat demam batuk. 

Saran saya agar anda beristirahat saat nyeri menetap, menghindari rokok, jika nyeri menetap sebaiknya segera ke IGD untuk evaluasi oleh dokter dan rekam jantung elektrokardiogram mengenai adanya tanda serangan jantung. 

Salam sehat

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala penyakit jantung yang kerap terabaikan adalah kelelahan yang tak berkesudahan.

Sering Diremehkan, 7 Hal Ini Ternyata Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung yang paling mudah dikenali adalah munculnya sakit di bagian dada. Namun, tidak semua penderitanya mengalami gejala ini. Tidak jarang, munculnya penyakit jantung justru ditandai dengan gejala-gejala lain yang umum dialami.