Apa saja penyebab nyeri dada kiri?

ES Info Penanya: ES, Pria, 40 Tahun
Selamat Sore Dokter,,Saya sering merasakan sakit dada kiri dan barusan juga terasa,,, setelah sy bawa BAB agak berkurang sakitnya,ke Dokter Sp.D dan Sudah EKG Normal terakhir saya Rontgen torak dada dan hasilnya ada gejala bronkitis, sementara ini sedang pengobatan lambung saya,, setiap kali dada kiri saya sakit kok saya kuwatir ya Dok,,,apakah saya jelas Tidak ada keluhan di Jantung...? Sesak nafas tidak dan seperti tertindih benda berat juga tidak,tapi rahang kadang suka pegal,Thanks
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ES.

Nyeri adalah sensasi tidak menyenangkan yang pernah dirasakan semua orang. Nyeri bisa dialami di bagian tubuh mana saja, termasuk di dada. Nyeri dada bisa berasal dari kulit, otot, tulang, kelenjar payudara, serta organ-organ dalam seperti jantung dan paru-paru. Nyeri dada juga bisa berasal dari asam lambung yang naik kembali ke tenggorokan.

Beberapa penyakit yang memiliki gejala nyeri dada adalah:

  • Cedera otot dada karena benturan atau angkat beban
  • Patah tulang rusuk
  • Tumor atau kanker payudara
  • Penyakit paru seperti bronkhitis dan efusi pleura
  • Penyakit jantung koroner
  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Terkait keluhan Anda, apabila Anda sudah melakukan pemeriksaan EKG dengan hasil normal, maka kemungkinan besar jantung Anda masih baik-baik saja. Tetapi, Anda sebaiknya mengulang pemeriksaan EKG setiap enam bulan, dan melakukan pengobatan bronkhitis serta lambung secara teratur. 

Anda juga bisa menyampaikan keluhan ini kepada dokter spesialis penyakit dalam. Mungkin akan ada pemeriksaan lain yang diperlukan, seperti misalnya pemeriksaan laboratorium enzim jantung. Serta jangan lupa untuk selalu menjaga hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak, minum air putih yang cukup, dan hindari rokok.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Angina pectoris adalah kondisi medis yang ditandai oleh nyeri atau rasa tidak nyaman di dada

Angina Pectoris Adalah Kondisi Medis yang Tak Boleh Diabaikan, Apa Saja Gejalanya?

Angina pectoris adalah kondisi medis yang ditandai dengan nyeri atau rasa tak nyaman pada dada dalam waktu singkat. Terdapat beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini.