sakit dada kiri disertai rasa pegal dan menekan

E6 Info Penanya: E6, Pria, 2019 Tahun
dok saya ingin mengeluhkan sakit dada sebelah kiri tiba2 , rasanya pegal sekali dan ada seperti yang menekan bagian dada kiri saya ,, tetapi saya bernafas lancar2 saja ,, diagnosa berdasarkan keluhan pertama saya ini penyakit apa ya dok ? apakah jantung? apakah gerd? riwayat saya perokok aktif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi E

Sakit dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh penyakit jantung koroner ataupun GERD/ gastroesophageal reflux diseaser.

Pada penyakit jantung koroner biasanya terdapat faktor resiko merokok, kegemukan, diabetes, pertambahan usia. sakit pada dada yang timbul biasanya disebelah kiri, menjalar ke bagian tengah dada, ke leher dan lengan sebelah kiri seperti di tusuk, tertimpa dan disertai dada terasa berat, berdebar dan nafas terasa sesak.

Sakit dada pada GERD terjadi akibat pelemahan katub esophagus dan lambung, membuat asam lambung mengiritasi saluran makan esofagus. sakit dada yang dikeluhkan biasanya dada terasa panas, ulu hati terasa nyeri disertai mual dan muntah, perut kembung. Beberapa keluhan lain yang juga dikeluhkan adalah suara suara serak, batuk dan nyeri menelan karena asam lambung naik hingga tenggorokan. Faktor resiko untuk mengalami GERD biasanya stress, kegemukan, alkohol, merokok, dan faktor genetik. 

Saya sarankan agar anda menghindari stress, lakukan olahraga, hindari rokok dan alkohol, jika dada terasa nyeri istirahat sementara dan memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) untuk memastikan apakah sedang mengalami penyempitan pembuluh jantung koroner atau GERD. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita GERD kerap mengalami naiknya asam lambung hingga tenggorokan hingga menyebabkan rasa terbakar

Ciri-Ciri Asam Lambung Naik, Alarm Bagi Penderita GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit gangguan asam lambung. Pada penderita GERD, ciri-ciri asam lambung naik bisa beragam, mulai dari batuk kronis, bau napas tidak sedap, hingga sensasi terbakar di dada.