Minum kopi pada saat diet, mengapa perut sakit dan kembung?

DM Info Penanya: DM
Siang Dok,,Awalnya sy ikut diet karbo,sy pagi hari minum kopi hitam pait tanpa ampas setelah itu perutku terasa sakit sekali dan kembung,sy berhenti diet sy coba dikerokan badan punggung,, besok sore nya sy mandi sore dr situ badan menggigil dan panas dingin sampai mual muntah pusing dada kanan terasa sesak seperti ada yg menahan napas begitu jg area punggung dan pinggang kanan sakit ,,aku minum air kelapa muda tapi setelah itu jadi batuk sampe kencing terus,,sy cuma minum obat herbal aja udah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, D

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menurunkan berat badan yang dilakukan dengan cara yang kurang tepat serta mengonsumsi kopi merupakan 2 faktor yang dapat memicu terjadinya Gastro Esofageal Reflux Disease (GERD), yaitu kondisi dimana terjadi reflux (naik kembali) asam lambung ke kerongkongan. 

Gejala yang sering muncul pada GERD di antaranya adalah:

  • Nyeri dan rasa panas pada area dada atau kerap disebut dengan heart burn
  • Napas terasa tidak nyaman, bisa berupa sesak
  • Kembung
  • Nyeri pada ulu hati
  • Rasa tidak nyaman pada area tenggorokan, bisa berupa batuk, atau rasa mengganjal
  • Mual dan atau muntah
  • Mulut terasa pahit dan atau asam

Kopi dan air kelapa muda merupakan 2 minuman yang bisa menyebabkan diuresis, atau meningkatnya frekuensi dalam berkemih. Selain disebabkan oleh 2 hal tersebut, adanya batu ataupun infeksi pada saluran kemih juga dapat meningkatkan frekuensi berkemih dan bisa juga disertai dengan nyeri pinggang. 

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, alangkah baiknya jika Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang bilamana diperlukan.

Tindakan sementara yang bisa Anda lakukan yaitu:

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minuman berenergi membantu diri lebih terjaga, namun risiko kafein dan gulanya harus diperhatikan

Minuman Berenergi untuk Stamina, Bermanfaat atau Malah Berbahaya?

Minuman berenergi merupakan minuman yang dipercaya membantu diri lebih terjaga dan bertenaga. Namun, kita tak bisa mengonsumsinya berlebihan karena kafein dan kadar gulanya. Simak di artikel ini.