Sakit dada hilang timbul seperti tertusuk

AN* Info Penanya: AN*, Wanita, 15 Tahun
Dok saya ingin bertanya knpa y saya sakit dada tapi kdng sakit kdng ngga tapi klo lagi sakit seperti d tusuk tusuk gituh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi SR

Sakit dada dapat terjadi pada beberapa penyakit, seperti penyakit jantung koroner, radang selaput paru pleuritis, nyeri otot myalgia, tinggi asam lambung. 

Jika ada riwayat merokok, kegemukan, diabetes dan darah tinggi, bisa jadi anda memiliki masalah sakit dada terkait penyakit jantung koroner, biasanya nyeri dada sebelah kiri disertai berderbar dan sesak nafas.

Nyeri dada lain juga terjadi pada pleuritis radang selaput paru, nyeri dada dipengaruhi pergerakan nafas dan disertai batuk dan sesak nafas. Sedangkan nyeri mialgia otot terjadi akibat jarang melakukan aktivitas olahraga, nyeri dada timbul saat otot dada bergerak, dapat hilang dengan istirahat dan kompress dingin. Sakit asam lambung juga dapat memicu sakit dada, biasanya terkait iritasi asam lambung terhadap esofagus, nyeri dominan sebelah kiri atau ulu hati di ikuti mual muntah dan perut kembung, nyeri juga dapat berbentuk rasa panas hingga mulut terasa asam.

Saya sarankan agar anda istirahat saat nyeri timbul, menghindari rokok dan alkohol, hindari makan asam dan pedas, jangan terlambat makan. Selain itu sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan penyebab sakit dada

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cegukan terus-menerus bisa tidak berhenti selama beberapa hari

Kondisi di Balik Cegukan Terus-Menerus, Bisakah Disembuhkan?

Cegukan terus-menerus adalah cegukan yang tidak berhenti selama berhari-hari. Dalam kasus ekstrem, cegukan bisa berlangsung berbulan-bulan. Cegukan kronis seperti ini bisa menjadi gejala dari suatu gangguan kesehatan sekaligus dapat menimbulkan masalah kesehatan.