Sakit dada bagian tengah atas, apa penyebabnya?

B Info Penanya: B
Siang...mau nanya saya sakit dada bagian tengah atas...pada saat narik nafas dalam dan bergerak ke arah tertentu...saya tidak merasakan sesak nafas ataupun demam ataupun hal yang lainnya..terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang B,

Sakit dada adalah keluhan yang bisa dirasakan baik adanya nyeri di permukaan tubuh ataupun menyebabnya nyeri di bagian dalam tubuh sampai kesulitan bernapas atau sesak napas.

Penyebab sakit dada

Penyebab sakit dada sendiri beragam mulai dari benturan di area dada, gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, gangguan jantung ataupun gangguan organ lain di area sekitar dada termasuk gangguan otot yang bisa dipicu oleh aktivitas sehari-hari.

Sering kali kebiasaan sehari-hari juga bisa jadi penyebab sakit dada seperti:

  • Pola makan yang tidak teratur
  • Makan makanan yang mengiritasi lambung
  • Postur dan posisi tubuh yang tidak baik saat beraktivitas
  • Kurang asupan cairan
  • Paparan alergen
  • Kurang istirahat

Untuk mengatasinya perlu hindari pemicunya dan melakukan beberapa upaya seperti makan teratur, hindari makanan yang mengiritasi lambung, hindari pemicu alergi seperti asap rokok, debu, udara dingin, polusi udara, dan juga cukup beristirahat.

Perbaiki juga postur tubuh baik saat tidur, duduk ataupun melakukan aktivitas lain. Jika merasa nyeri bisa kompres dengan air hangat dan konsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol jika diperlukan. 

Jika ada memar, sesak, mual atau muntah maka baiknya dilakukan pemeriksaan untuk dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu pertolongan pertama sesak napas adalah membantu penderitanya untuk menggunakan inhaler.

Jangan Panik! Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Sesak Napas

Sesak napas adalah gangguan terjadi saat kekurangan udara untuk bernapas, Membantu penggunaan alat oksigen atau konsumsi obat merupakan pertolongan pertama sesak nafas.