Sakit di dekat lubang anus dan terdapat benjolan karena apa?

SP Info Penanya: SP, Pria, 32 Tahun
Dok saya mau bertanya dekat lubang anus saya tumbuh benjolan kalau duduk terasa sakut,kalau BAB terasa sakit karena lobang anus nya ngembangin,kalau d pegang lembek,apa kira2 itu dok,kalau boleh biar saya kirim foto nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SP,

Adanya benjolan di anus dan terasa lembek adalah gejala yang bisa timbul akibat beberapa penyebab seperti wasir atau hemorrhoid, adanya fisura ani yaitu adanya luka di sektiar anus ataupun fistula ani yaitu adanya infeksi di area sekitar anus.

Untuk itu perlu perhatikan asupan serat karena bisa terjadi salah satunya akibat kurang asupan serat, perbanyak minum air putih, dan juga hindari mengejan terlalu keras. 

Perhatikan juga ada tidaknya buang air besar berdarah atau tidak, lalu apakah benjolan tersebut bisa kembali masuk atau perlu didorong. Tidak jarang jika benjolan tidak lagi bisa di dorong maka perlu dilakukan penanganan lebih lanjut karena bisa terjadi akibat wasir yang sudah lanjut.

Segera periksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi kurma dapat mengatasi sembelit saat puasa.

Inilah 3 Tips Jitu Mencegah Sembelit yang Membuat Tak Nyaman Saat Puasa

Terkadang beberapa gangguan datang saat puasa seperti sembelit. Sembelit saat puasa umum terjadi dan dapat diatasi dengan mengonsumsi salah satu makanan yang sering muncul saat bulan puasa, salah satunya adalah buah kurma!