Sakit Cacar Apakah Boleh Mandi?

RY Info Penanya: RY, Pria, 22 Tahun
Kalo saki cacar apakah boleh mandi
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam RY,

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sakit cacar air diperbolehkan mandi, bahkan pasien dianjurkan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zooster  yang menyebabkan timbulnya lesi melenting berisi cairan pada kulit di seluruh tubuh. Penyakit ini dapat menular melalui percikan ludah penderita (misalnya saat pendrita batuk atau bersin) ataupun melalui cairan yang terdapat pada lesi melenting yang pecah.

Jika kebersihan tubuh penderita tidak dijaga dengan baik, maka dapat terjadi infeksi sekunder pada lesi kulit tersebut. Lesi yang pada awalnya berisi cairan yang mengandung virus cacar bisa terkontaminasi bakteri sehingga mulai bernanah. Jika hal ini terjadi tentu proses penyembuhan penyakit akan memakan waktu lebih lama.

Waktu penularan virus cacar air yaitu dua hari sebelum muncul lesi di kulit hingga lesi tersebut mengering. Untuk mencegah penularan cacar air ke orang lain, berikut ini hal-hal yang dapat Anda lakukan :

  1. Batasi interaksi dengan orang lain karena virus cacar juga dapat menyebar melalui udara
  2. Istirahat cukup di rumah hingga masa penularan selesai
  3. Tidak menggaruk kulit karena lesi yang pecah akan memperbesar kemungkinan penyebaran cairan isi lesi yang berisi virus
  4. Menjaga kebersihan kuku supaya jika tidak sengaja menggaruk kulit, lesi tidak pecah.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit Anda untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. Berikut ini artikel yang dapat menambah wawasan Anda mengenai penyakit cacar air : Cacar Air Dewasa Lebih Berbahaya, Proses Penularan Cacar Air, dan Cara Efektif Menghilangkan Bekas Cacar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Indirasthi Dwi Astari

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Keringat yang berlebihan bisa menyebabkan rasa gatal dan terkena panu

Tidak Hanya Warna Putih, Ada Juga Panu Hitam. Ketahui Juga Penyebabnya!

Panu adalah infeksi jamur yang menyebabkan perubahan warna pada area kulit tertentu. Bercak pada panu biasanya berwarna putih, merah, ataupun coklat. Namun, tidak menutup kemungkinan bercak panu dapat berwarna hitam.