Sakit buah zakar saat tertekan, karena apa ?

EZ Info Penanya: EZ
Permisi dok, saya sudah 2 hari sakit buah zakar kiri saya, tapi hanya ketika saat tertekan, duduk terlalu depan, atau pun ter raba,. Dan di area testis juga tidak ada benjolan atau apapun hanya sakit saja. Itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EZ.

Sakit buah zakar atau testis dapat disebabkan oleh berbagai faktor dan kondisi medis. Umumnya keadaan nyeri dapat terjadi akibat cedera atau trauma. Namun terdapat berbagai kondisi medis yang dapat menimbulkan gejala nyeri pada buah zakar.

Beberapa diantaranya ialah :

  • torsio testis atau testis yang terpuntir
  • batu ginjal
  • sembelit
  • hernia inguinalis dan masalah perut lainnya
  • hidrokel, penumpukan cairan pada skrotum atau kulit pembungkus testis
  • varikokel, pembesaran pembuluh darah vena di sekitar testis

Mengenai keluhan sakit testis saat tertekan pada Anda mungkin disebabkan oleh salah satu faktor atau kondisi medis diatas, namun tidak menutup kemungkinan ada faktor ataupun kondisi medis lainnya, diluar paparan diatas. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk sementara Anda dapat mencoba mengompres hangat bagian testis yang nyeri dan mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual secara bebas di apotek. Jika memungkinkan Anda dapat meraba bagian buah zakar untuk mencari kemungkinan adanya benjolan, jika ditemukan, ada baiknya untuk segera diperikskaan ke dokter Spesialis Urologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh EZ
24 Aug 2020, 08:23
Permisi dok,
Dibalas oleh EZ
24 Aug 2020, 08:24
Permisi dok, maaf, saya bertanya tentang buah zakar saya, tapi sejak notifikasi ada balasan di email kenapa jawabannya hanya selamat pagi ya dok? Karena saya tunggu sampai skrg, tlg bantu saya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
25 Aug 2020, 07:23
Selamat pagi EZ,
Jawaban pertanyaan Anda terkait buah zakar sudah terlampir di atas. Mohon dicek kembali. Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulup penis yang terlalu ketat sering sekali dialami oleh pria yang belum sunat

Mengenal Penyebab Kulup Penis Terlalu Ketat

Kulup penis yang ketat adalah gangguan yang terjadi pada pria yang belum melakukan prosesi sunat. Infeksi penyakit seksual dapat menjadi salah satu penyebabnya.