Sakit di buah zakar kiri, apa penyebabnya?

A Info Penanya: A
Dok buah dzakar saya yg kiri nyilu sakit pas saya pegang ada benjolan sebelah kiri cuma keras . Kenapa dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi A,

Benjolan pada buah zakar adalah gejala yang bisa timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya akibat adanya pelebaran pembuluh darah di kantung buah zakar atau disebut dengan varikokel, adanya cairan di kantung buah zakar atau hidrokel, adanya infeksi kulit, adanya infeksi buah zakar atau peradangan testis, adanya organ usus yang menembus otot yang lemah atau disebut hernia dan penyebab lainnya.

Jika terasa nyeri testis dan tampak benjolan bisa diraba maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter atau dokter spesialis urologi untuk memastikannya. Nantinya akan dilakukan wawancara mengenai kondisinya. Dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, tes urine, USG ataupun pemeriksaan lain yang diperlukan.

Pada beberapa kasus memang memerlukan penanganan tidak hanya dengan pemberian obat tetapi juga perlu tindakan operasi salah satunya jika disebabkan oleh varikokel. Apabila dibiarkan varikokel bisa berpengaruh pada kesuburan.

Jika timbul nyeri hebat dan mendadak, sulit berjalan, nyeri perut ataupun juga demam dan buah zakar membengkak maka perlu untuk segera dilakukan penanganan di fasilitas kesehatan terdekat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Balanitis adalah penyakit seksual yang disebabkan karena infeksi bakteri dan jamur

Hati-hati, Penis Belum Disunat Bisa Sebabkan Balanitis? Ini Alasannya

Balanitis adalah penyakit seksual yang terbagi menjadi 3 jenis. Pertama, circinate balanitis yang disebabkan oleh reaksi penyakit artritis pada bagian kepala penis,berbentuk melingkar dan berwarna kemerahan. Kedua, micaceous balanitis yang menyebabkan kulit bersisik di kepala penis. Dan yang ketiga, adalah zoon’s balanitis yang paling umum terjadi pada penis yang belum disunat.