10 Dec 2020, 23:29Kandungan

Sakit perut setelah berhubungan intim apakah normal?

AG
Info Penanya: AG0
Dok, istri saya mengeluh sakit di bagian perut seperti tertarik setelah pertama kali berhubungan intim. Penyebabnya kenapa ya dok?
524 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo A, saya akan membantu menjawab pertanyaan Anda.Dyspareunia (sakit saat atau setelah berhubungan seksual) adalah hal yang kerap terjadi. Hal ini dapat terjadi karena berbagai macam sebab antara lain : 
  • Infeksi pada rahim, tuba falopi, atau ovarium : gejalanya mulai dari nyeri panggul hingga nyeri perut bagian bawah, nyeri buang air kecil, dan keputihan berwarna kuning atau kehijauan.
  • Endomentriosis (tumbuhnya lapisan dalam dinding rahim di luar rahim) : Gejalanya berupa nyeri perut dan perdarahan banyak saat menstruasi.
  • Orgasme juga dapat memicu kontraksi rahim. gejalanya : nyeri akan hilang beberapa menit setelah istirahat.
  • Kista ovarium
  • Infeksi leher rahim
Bila kram perut setelah berhubungan intim dapat hilang sendiri, Anda tidak perlu khawatir. Namun jika nyeri terus berlanjut bahkan setelah istirahat, Anda dapat mencoba konsumsi obat penghilang nyeri contohnya paracetamol, lalu kompres daerah perut untuk menghilangkan rasa nyeri. Bila sudah minum obat namun nyeri perut tidak juga hilang, mungkin nyeri perut disebabkan hal yang lebih serius dan perlu pemeriksaan lebih lanjut, segera hubungi dokter terdekat jntuk mendapatkan perawatan yang adekuat. Salam sehatdr. Evelin Kwandang
kesehatan organ intimkesehatan kandungantips seks
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil