Apa penyebab sakit bagian perut kiri bawah?

ED Info Penanya: ED, Wanita, 2020 Tahun
Pagi dok,saya wanita berusia 18 tahun,saya baru saja menjalani op usbun 3 minggu lalu,awalnya saya BAB berdarah dan sakit perut dibagian kanan dan kiri sehingga saya didiagnosa usbun,kemudian setelah 3 minggu op itu BAB saya berdarah lagi dan saya merasakan sakit perut dibagian kanan dan kiri lagi tetepi kali ini lebih sakit sebelah kiri,itu kenapa ya dok?apakah karna infeksi atau penyakit lainnya?Fiy:BAB darah segarTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ED,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

BAB berdarah bisa jadi adanya gangguan dalam saluran pencernaan. BAB berdarah bisa berwarna merah segar atau merah gelap. Beberapa penyebab BAB berdarah warna merah segar :

  1. Wasir atau hemorrhoid
    Merupakan penyakit yang terjadi pada pembuluh darah dibagian anus, gejalanya berupa adanya benjolan pada anus dan nyeri ketika BAB.
  2. Gastritis
    Peradangan lambung karena asam lambung yang berlebih, lama-lama dapat menyebabkan perdarahan di lambung
  3. Diverkulitis
    Merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada kantong-kantong yang terbentuk pada saluran pencernaan, terutama usus besar.
  4. Fistula Ani
    Merupakan saluran yang terbentuk antara ujung usus besar dan anus. Kondisi ini dapat menimbulkan infeksi jika tidak segera diobati.
  5. Kanker dan polip usus besar
    Polip adah benjolan yang tumbuh pada dinding usus besar, benjolan ini bisa jinak, namun bisa juga merupakan bentuk awal keganasan atau kanker.

Saran saya sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan berserat tinggi, cukupi konsumsi air putih minimal 8 gelas / hari, hindari mengejan terlalu keras saat buang air besar, dan hindari konsumsi minuman beralkohol karena dapat memperparah kondisi yang Anda alami. Jika keluhan BAB berdarah tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.