21 May 2021, 20:33Penyakit Lainnya

Apakah nyeri dada tanda penyakit serius?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok, sudah seminggu lebih dada kiri dan kanan di bagian sebelah ketiak dan di bagian puting terasa nyeri dan sakit, nyeri itu juga terasa di bagian punggung atas dok. Kenapa ya itu dok? Padahal saya sudah beristirahat tetap terasa setiap saat. Namun keluhan saya ini tidak disertai batuk dan sesak. Kebetulan di rumah juga ada pulse meter saya selalu cek oksigen saya berkisar 95 keatas dan nadi diatas 60 b p m. Apakah meskipun tidak sesak dan batuk bisa berpotensi ada penyakit serius dok?
252 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, BTTerima kasih atas pertanyaannya.Nyeri dada dapat bersifat seperti tertusuk-tusuk, terasa seperti ada yang menekan hingga sulit untuk bernapas, atau hanya seperti tersetrum dan hilang dengan sendirinya.  Nyeri dada identik dengan gangguan di jantung namun ternyata banyak faktor lain yang dapat menyebabkan sakit di dada.

Penyebab nyeri dada :

  • Adanya kram otot karena gerakan tiba-tiba atau postur tubuh yang salah.
  • Gangguan di jantung yang disertai dengan denyut jantung tidak beraturan, riwayat hipertensi ataupun kolestrol tinggi.
  • Asam lambung yang naik sehingga gas dapat naik sehingga terkadang dapat menekan diafragma dada sehingga terasa seperti nyeri, panas dan perasaan seperti tertekan yang saat bernapas kurang lega.
  • Infeksi saluran napas yang disertai dengan batuk, flu, radang tenggorokan, sesak napas.
  • Faktor psikologis seperti cemas berlebihan, stres, depresi, bipolar dan gangguan psikologis lainnya.
Nyeri di punggung dapat terjadi karena faktor tarikan otot atau kram otot, radang pada sendi dan saraf tulang belakang, atau penjalaran nyeri dari organ lain seperti jantung.  Untuk memastikan apakah kondisi anda serius atau tidak tentunya diperlukan pemeriksaan lanjutan oleh dokter spesialis penyakit dalam.  Akan dilakukan rekam jantung dan pemeriksaan fisik di dada untuk memastikan penyebab nyeri dada. Sementara ini hindari begadang, perbanyak air putih kelola stres dan cemas, makan bergizi, istirahat cukup, serta olahraga teratur untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
penyakit jantungkram ototgerdpenyakit pernapasannyeri dadanyeri punggunggangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil