03 Sep 2020, 11:08Pernapasan

Nyeri saat menarik napas pada dada kiri

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita0
Siang dok, saya mau tanya . Biasanya saya kalau bernafas tiba" tarik nafas panjang langsung berhenti karena dibayah payu dara sebelah kiri saya sakit, dan kalau sudah seperti itu saya biasanya pelan" ambil nafas terus dikeluarkan lewat mulut.Kira" itu kenapa yah dok?
3200 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, RAB.Nyeri saat menarik napas dalam dunia medis dikenal sebagai nyeri pleuritik. Rasa nyeri seringkali didefinisikan sebagai rasa tajam dan menusuk, dan semakin memberat apabila sedang bernapas dalam. Tetapi, ketika menahan napas dan menghembuskannya perlahan, nyeri bisa berangsur-angsur berkurang.Nyeri pleuritik bisa dirasakan di bagian dada kiri maupun kanan. Apabila pada dada kiri, kemungkinan penyebabnya adalah:
  • Efusi pleura kiri, yaitu penumpukan cairan di selaput paru yang bisa berupa nanah, darah, ataupun cairan lainnya
  • Pleuritis, yaitu radang selaput paru-paru
  • Retak atau patah pada tulang rusuk, yang biasanya didahului dengan benturan atau trauma fisik
Oleh karena itu, disarankan agar Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis paru, agar dapat dilakukan pemeriksaan berupa rontgen dada atau USG thorax. Dengan pemeriksaan yang menyeluruh, penyebab nyeri Anda bisa diketahui dengan pasti, dan diberikan penanganan yang sesuai, misalnya aspirasi (penyedotan cairan pleura) pada penyakit efusi pleura.Lalu, usahakan untuk selalu menjaga kesehatan paru dengan menghindari asap, debu, dan polusi, dan gunakan masker apabila terpaksa berada di tempat dengan paparan tersebut. Apabila memiliki kebiasaan merokok, berhenti atau kurangi sebisa mungkin. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
penyakit paru-parupleuritisnyeri dada
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil